Share

Gara-Gara Gundogan, Guardiola Tunjuk Ederson sebagai Eksekutor Penalti Man City

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 45 2358612 gara-gara-gundogan-guardiola-tunjuk-ederson-sebagai-eksekutor-penalti-man-city-9O7SQ5yS3z.jpg Eksekusi penalti Ilkay Gundogan melambung jauh. (Foto: REUTERS/Laurence Griffiths)

MANCHESTER – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, membuka opsi untuk memercayakan eksekutor penalti timnya kepada sang penjaga gawang, Ederson Moraes. Komentar itu diungkapkan setelah Ilkay Gundogan dan eksekutor penalti Man City lainnya kerap kali gagal melaksanakan tembakan 12 pas secara sempurna.

Dini hari tadi saat Man City bertandang ke markas Liverpool, The Citizens –julukan Man City– mendapatkan hadiah penalti di menit ke-37. Saat itu, penalti diberikan setelah Raheem Sterling dijatuhkan bek Liverpool, Fabinho, di kotak terlarang.

Ilkay Gundogan

(Eksekusi penalti Ilkay Gundogan melambung. (Foto: REUTERS)

Gundogan yang maju sebagai eksekutor penalti gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakan gelandang berpaspor Jerman itu masih melambung tinggi di atas mistar gawang Liverpool kawalan Alisson Becker.

Pemain keturunan Turki itu dipercaya karena Gundogan sempat menjalankan tugasnya dengan baik. Momen itu terjadi saat Gundogan mencetak satu gol saat Man City menang 2-0 atas Aston Villa.

Sebelum Gundogan, Raheem Sterling pernah maju sebagai eksekutor saat Man City menghadapi Brighton & Hove Albion. Sayangnya, Sterling yang kala itu baru masuk ke lapangan gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

BACA JUGA: Klopp Sebut Kaki Alisson Kedinginan sehingga Bikin Blunder, Roy Keane: Alasan Baru

Sebenarnya, eksekutor utama penalti Man City adalah Kevin De Bruyne. Namun, karena De Bruyne cedera hingga pengujung bulan ini, Guardiola tidak memiliki eksekutor penalti yang baku.

Karena itu, ketika Man City mendapatkan penalti di laga-laga ke depan, ia akan memercayakannya kepada Ederson Moraes. Biasanya, seorang penjaga gawang memiliki tendangan keras yang sulit ditahan.

Ederson Moraes

(Ederson Moraes bisa jadi eksekutor penalt Man City selanjutnya)

“Gundogan gagal mengeksekusi penalti, itu seperti rutinitas saat melawan mereka (Liverpool). Saya mulai mempertimbangkan Ederson. Ia mungkin menjadi eksekutor penalti Man City selanjutnya,” kata Guardiola mengutip dari The Sun, Senin (8/1/2021).

Terlepas dari itu, Man City menang 4-1 atas Liverpool. Gol-gol The Citizens dilesakkan llkay Gundogan pada menit 49 dan 73, Raheem Sterling (76’) dan Phil Foden (83’). Sementara itu, gol tunggal Liverpool dilesakkan Mohamed Salah pada menit 63.

Berkat kemenangan ini Man City makin kukuh di puncak klasemen Liga Inggris 2020-2021 dengan koleksi 50 angka. Phil Foden dan kawan-kawan untuk sementara unggul lima angka dari Manchester United di tempat kedua. (Ram).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini