Share

Setelah Laga Man United vs Southampton, Wasit Mike Dean Kembali Bikin Kontroversi

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 45 2357902 setelah-laga-man-united-vs-southampton-wasit-mike-dean-kembali-bikin-kontroversi-d0FnmI5cZC.jpg Mike Dean saat memberi Soucek kartu merah. (Foto: REUTERS/Clive Olive)

LONDON – Wasit Liga Inggris, Mike Dean, kembali menjadi sorotan. Setelah di laga Manchester United vs Southampton tengah pekan lalu, Mike Dean dinilai kembali membuat keputusan kontroversial saat Fulham menjamu West Ham United di pekan ke-23 Liga Inggris 2020-2021, Minggu (7/2/2021) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, Mike Dean memberi kartu merah kepada gelandang West Ham United, Tomas Soucek. Gelandang berpaspor Republik Ceko itu mendapat kartu merah karena dinilai telah menyikut penyerang Fulham, Aleksandar Mitrovic.

Mike Dean

(Mike Dean saat memberi kartu merah kepada Soucek)

Kala itu, petugas Video Assistant Referee (VAR), Lee Mason, menyarankan Mike Dean untuk melihat tayangan ulangan insiden yang melibatkan Soucek dan Mitrovic di pengujung pertandingan.

Setelah melihat siaran ulang, Mike Dean tanpa pikir panjang langsung memberikan kartu merah kepada Soucek. Padahal dalam tayangan ulang terlihat, Soucek secara tidak sengaja menggerakkan sikutnya yang di luar dugaan mengenai wajah Mitrovic. Karena itu, keputusan Mike Dean tidak disetujui banyak pihak.

Salah satu jurnalis BBC, Dan Walker, merupakan salah satu orang yang tidak setuju dengan keputusan yang dibuat Mike Dean. Ia juga menilai VAR telah menjebak pencinta sepakbola dunia.

BACA JUGA: David de Gea Biang Kegagalan Man United Taklukkan Everton

“Saya mengerti mereka (Mike Dean dan Lee Mason) adalah wasit terlatih dan berpengalaman selama bertahun-tahun. Namun, saya tidak dapat memahami bagaimana Mike Dean dan Lee Mason melihat kejadian itu sebagai kartu merah. VAR menjebak semua fans sepakbola di negara ini,” kata Dan Walker di akun Twitter-nya, @mrdanwalker.

Sebelumnya, Mike Dean membuat keputusan kontroversial di laga Man United vs Southampton. Keputusan kontroversial pertama dibuat Mike Dean pada menit 54. Saat itu, ia menganulir gol yang dibuat penyerang Southampton, Che Adams.

Mike Dean

(Mike Dean saat mengusir Jan Bednarek)

Setelah melihat Video Assistant Referee (VAR), Mike Dean memutuskan Che Adams terjebak offside setelah menerima bola. Namun, jurnalis olahraga asal Inggris Rob Harris menilai Che Adams berada di posisi on side karena berdiri sedikit di belakang kapten Man United, Harry Maguire, sebelum menerima bola.

“Tidak ada penggemar sepakbola yang mengginginkan gol dianulir karena offside,” tulis Rob Harris di akun Twitter-nya, @RobHarris.

Keputusan kontroversial Mike Dean selanjutnya adalah memberikan kartu merah kepada bek Southampton, Jan Bednarek, di menit 86. Kala itu, Bednarek dinilai menjatuhkan penyerang Man United, Anthony Martial, di kotak terlarang.

Namun, banyak orang menilai Martial melakukan diving dan Bednarek tidak layak dikartu merah. Terlebih ketika Bednarek dikartu merah, Southampton sudah tertinggal 0-6.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini