Perbandingan Jakarta International Stadium dan Stadion Bandung Lautan Api

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 49 2350567 perbandingan-jakarta-international-stadium-dan-stadion-bandung-lautan-api-AxVcalsltd.jpg Rancangan Jakarta International Stadium. (Foto/Jakpro)

JAKARTA – Dua klub sepakbola, Persija Jakarta dan Persib Bandung, selalu bersaing dalam memperebutkan gelar juara. Persaingan kedua klub lalu menjalar kepada kedua fans mereka yang sangat fanatik.

Persija memiliki fan yang dikenal dengan sebutan Jakmania. Sedangkan rival mereka, Persib Bandung mempunyai Viking, yang selalu mendukung di manapun mereka bermain.

Baca juga: Foto Bareng dengan Eks Bintang Man United, Marc Klok Bikin Netizen Bertanya-tanya

Namun, soal stadion, Persija masih kalah dari Persib. Tim Ibu kota sejauh ini belum memiliki fasilitas sendiri yang membuat mereka kerap berpindah-pindah kandang. Mulai bermain di Stadion Gelora Bung Karno, hingga bermain di Stadion Mangunharjo, Sleman, Yogyarkata.

Foto/Persija Jakarta

Sedangkan, Persib Bandung, memiliki dua Stadion yang bisa mereka gunakan sebagai home base mereka. Kedua stadion tersebut, yakni Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion si Jalak Harupat.

Hanya saja, Persija Jakarta pada akhir 2021 akhirnya akan memiliki stadion sendiri, yakni Jakarta International Stadium. Stadion bertaraf internasonal tersebut berada di wilayah Sunter, Jakarta Utara.

Foto/Persija Jakarta

Pembangunan Stadion JIS dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Proyek ini memakan biaya hingga Rp4,5 triliun dengan target selesai pada akhir 2021.

Stadion berstandar internasional itu berdiri di atas lahan seluas 221.000 meter persegi di wilayah Sunter, Jakarta Utara. Jika sudah rampung, Stadion bisa menampung 82.000 penonton.

Stadion JIS memiliki dua lapangan latihan yang berada di sekitar lokasi stadion. Lapangan latihan JIS menggunakan standar Federasi Sepabokla Dunia (FIFA) dalam proses perancangan dan pembangunannya. Kedua lapangan tersebut memiliki luas 165 x 68 meter yang disesuaikan dengan standar FIFA.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Rumputnya menggunakan jenis hybrid. Artinya rumput merupakan gabungan dari 95 persen rumput alami serta 5 persen rumput sintetis.

Sementara Persib kerap menggunakan Stadion Bandung Lautan Api sebagai laga kandang. Stadion memiliki desain berstandar internasional dengan menggunakan rumput yang Zoysia Matrella (Linn) Merr, yakni rumput kelas satu standar FIFA.

Foto/Wikimedia Commons

Stadion ini dilengkapi dengan lapangan sepakbola, atletik, kantor, sirkulasi, tribun atap full keliling, servis, e-board, scoring board dan kursinya tahan api dengan kursi merk Ferco.

Sedangkan untuk kapasitas, Stadion GBLA bisa menampung 40 ribu penonton dengan kursi single seat.

Mulanya, Stadion GBLA bernama Stadion Gedebage, sesuai dengan nama daerah stadion dibangun. Namun nama stadion berubah setelah dilakukan lewat polling terhadap masyarakat. Hasilnya nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api terpilih melalui menjadi suara terbanyak dan ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Kota Bandung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini