5 Klub Eropa Ini Dirikan Masjid di Komplek Stadion, Ada Bayern Munich

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 51 2349538 5-klub-eropa-ini-dirikan-masjid-di-komplek-stadion-ada-bayern-munich-xNWmGboAtO.jpg Stadion Allianz Arena (Foto: Facebook Bayern Munich)

PADA saat ini banyak pesepakbola Muslim yang kini tersebar di kompetisi-kompetisi Eropa. Kondisi tersebut membuat sejumlah klub-klub sepakbola Eropa mulai tergerak untuk meringangkan para pesepakbola Muslim dalam mencari tempat ibadah.

Bahkan sejauh ini sudah terdapat beberapa klub-klub Eropa yang memutuskan untuk membangun masjid di komplek stadion mereka. Tidak hanya tim-tim kecil, beberapa klub papan atas juga melakukan hal yang sama.

Setidaknya, terdapat lima klub Eropa yang memutuskan untuk mendirikan masjid di komplek stadion mereka masing-masing. Berikut lima klub Eropa yang mendirikan masjid di komplek stadionnya.

5. Rubin Kazan – Kazan Arena

Kazan Arena

Salah satu tim papan atas Rusia, Rubin Kazan, memang dikenal memiliki stadion yang sangat megah. Ya, stadion Rubin Kazan tersebut dinamai Kazan Arena yang mana mampu menampung 45.105 ribu penonton.

Kemegahan Kazan Arena sendiri semakin diperindah dengan kehadiran Masjid di komplek stadion tersebut. Alasan utama Rubin Kazan mendirikan masjid adalah agar mempermudah pemain atau penggemar mereka yang beragama Islam untuk beribadah.

4. Blackburn Rovers – Ewood Park

Ewood Park

Blackburn Rovers bermarkas di Ewood Park, yang berkapasitas 31.367 ribu. Meski bukan salah satu klub besar Inggris apalagi Eropa, Blackburn sangat peduli dengan kebutuhan para pemain dan penggemar mereka yang beragama Islam.

Hal tersebut pun terbukti dengan keputusan Blackburn mendirikan masjid di sekitar area Ewood Pard. Selain masjid, ada juga gereja di sekitar Ewood Park. Blackburn sangat memfasilitasi kebutuhan para pemain dan penggemarnya yang memiliki kepercayaan berbeda-beda.

3. Bolton Wanderers – Macron Stadium

Macron Stadium

Selain Blacburn, terdapat Bolton Wanderers yang juga memutuskan untuk mendirikan masjid di komplek stadion kebanggaan mereka, yakni Macron Stadium. Sama seperti Blackburn, tujuan utama Bolton mendirikan masjid agar mempermudah penggemar mereka yang beragama Islam untuk beribadah.

Selain itu, stadion berkapasitas 28.723 ribu itu juga memiliki hotel, yang menambah kenyamanan bagi para pemain dan juga penggemar. Walaupun klub kecil, tetapi Bolton mampu memberikan kenyamanan bagi setiap orang yang datang ke Macron Stadium.

2. Newcastle United – St James Park

St James Park

Newcastle memang dikenal sebagai salah satu klub asal Liga Inggris yang gemar merekrut pesepakbola beragama Muslim. Nama-nama seperti Papiss Cisse, Hatem Ben Arfa, Mapou Yanga Mbiwa, Moussa Sissoko, dan Demba Ba pernah menjadi bagian dalam skuad The Magpies –julukan Newcastle.

Dengan hal tersebut pun lantas membuat manajemen Newcastle akhirnya memutuskan untuk mendirikan masjid di komplek stadion mereka bermarkas, St James Park. Bahkan ketika nama-nama di atas tak lagi membela Newcastle, masjid tersebut digunakan sesuai fungsinya.

1. Bayern Munich – Allianz Arena

Aliianz Arena

Siapa yang tidak mengenal klub bernama Bayern Munich pada saat ini. Pasalnya, Bayern memang merupakan klub tersukses di Jerman, dan salah satu raksasa di Eropa. Itu terbukti dengan keberhasilan mereka mendominasi kompetisi domestik serta beberapa kali jadi raja di Eropa.

Meski begitu, Bayern juga merupakan klub yang sangat menghargai para penggemar mereka yang beragama Muslim dengan mendirikan masjid di komplek stadion kebanggaan mereka, yakni Allianz Arena. Pembangunan masjid itu sendiri merupakan keinginan Frank Ribery yang akhirnya dipenuhi oleh manajemen Bayern pada 7 November 2017.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini