Fakta Ronald Koeman Jadi Penyebab Barcelona Gagal Juarai Piala Super Spanyol

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 46 2347134 fakta-ronald-koeman-jadi-penyebab-barcelona-gagal-juarai-piala-super-spanyol-LH44xpo28n.JPG Ronald Koeman (Foto: Reuters)

SEVILLABarcelona memiliki kesempatan besar untuk memenangkan trofi pertamanya bersama Ronald Koeman. Peluang itu didapat ketika Barcelona berhasil melaju ke partai final di ajang Piala Super Spanyol 2021.

Barcelona pun difavoritkan untuk menjadi juara pada ajang tersebut karena lawan yang dihadapi sedikit lebih ringan yakni Athletic Bilbao. Namun begitu, Barelona gagal memanfaatkan kesempatan tersebut dengan akhirnya menuai kekalahan.

Ronald Koeman

Pada laga yang berlangsung di Stadion Olimpiade Sevilla, Senin 18 Januari 2021 dini hari WIB, Barcelona menyerah 2-3 dari Athletic Bilbao. Laga pun berlangsung panjang karena pertandingan berjalan hingga babak tambahan waktu.

Lalu apa penyebab Barcelona gagal memenagi laga tersebut dan memupus harapan untuk meraih gelar juara? Jika menilik pada pertandingan tersebut, Koeman bisa menjadi salah satu penyebab Barcelona merengkuh gelar juara Piala Super Spanyol 2021.

Baca juga Koeman Segera Dipecat, Barcelona Siapkan 4 Calon Pengganti

Hal itu terjadi karena Koeman melakukan beberapa kesalahan dalam mengelola timnya. Setidaknya ada tiga kesalahan yang membuat pelatih asal Belanda tersebut patut bertanggung jawab atas kekalahan tersebut.

Hal yang pertama adalah soal gaya bermain Barcelona yang tidak menekan Athletic Bilbao sejak awal laga. Ini merupakan kesalahan yang sejatinya sering dilakukan Barcelona dalam beberapa laga, termasuk saat menghadapi Athletic Bilbao.

Ketiga penyerang mereka yakni Lionel Messi, Ousmane Dembele, dan Antoine Griezmann seperti tidak mendapat arahan untuk selalu tampil menekan. Karena itu, tidak mengherankan Barcelona kesulitan mencetak gol sebelum akhirnya Griezmann membuka gol pada menit 40.

Berikutnya, Koeman sepertinya kurang handal dalam mengatur lini belakang Barcelona. Pada laga tersebut, Barcelona terlihat rapuh sehingga kebobolan tiga gol. Padahal pada beberapa kesempatan, Barcelona selalu unggul dari Bilbao tetapi mampu diimbangkan hingga dibalikkan.

Barcelona vs Athletic Bilbao

Hal ini lah yang kemudian menjadi kesalahan berikutnya bagi Barcelona. Koeman sepertinya gagal memanfaatkan momen ketika mereka sudah unggul. Mulai dari unggul 1-0 hingga 2-1, Koeman tidak mampu mengarahkan anak asuhnya untuk menhaga momen tersebut.

Hasilnya, bencana besar terjadi pada babak tambahan waktu ketika Bilbao mencetak satu gol pada menit 93. Seakan tidak mampu bangkit, Barcelona akhirnya menyerah dengan keadaan tersebut dan mengakhiri laga dengan skor 2-3.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini