Istanbul Basaksehir vs Sivasspor Diguyur Hujan Salju, Tim Tamu Jadi Tidak Terlihat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 51 2345806 istanbul-basaksehir-vs-sivasspor-diguyur-hujan-salju-tim-tamu-jadi-tidak-terlihat-iBhNcYVm2O.jpg Istanbul Basaksehir terlihat bermain sendirian (Foto: Twitter/@FootballJOE)

ISTANBUL – Sebuah kekacauan terjadi pada laga Liga Turki 2020-2021 antara Istanbul Basaksehir kontra Sivasspor, Sabtu 16 Januari malam WIB. Gara-garanya, tim tamu yang berkostum putih nyaris tidak nampak di layar televisi!

Laga yang berlangsung di Stadion Fatih Terim itu memang diwarnai hujan salju. Tentu, salju bukan masalah karena tidak mengganggu laju bola di atas lapangan rumput. Masalah justru muncul gara-gara tim tamu mengenakan kostum berwarna putih.

Lazimnya pertandingan dalam cuaca bersalju, bola yang digunakan adalah berwarna oranye atau yang menyala lainnya, seperti kuning. Hal itu diperlukan agar pemain, wasit, dan juga penonton, dapat melihat dengan baik laju si kulit bundar.

Baca juga: Lewat TikTok, Istri Thiago Silva Ejek Bek Liverpool

Istanbul Basaksehir menghadapi Sivasspor dalam kondisi hujan salju (Foto: Istanbul Basaksehir)

Hal yang sama juga terjadi pada kostum kedua kesebelasan. Bagi Istanbul Basaksehir, hal itu tidak menjadi masalah karena mereka memiliki kostum utama berwarna terang, yakni oranye. Masalah muncul karena Sivasspor berstatus sebagai tim tamu.

Kebetulan, kostum utama tim yang bermarkas di Sivas itu berwarna merah-putih. Sedangkan kostum tandang Sivasspor berwarna putih. Dalam kondisi normal, kostum tandang berwarna putih itu tidak menjadi masalah.

Sayangnya, laga diwarnai hujan salju yang cukup lebat selama 90 menit. Pemain dan wasit yang berlaga sepertinya tidak mengalami kendala dalam penglihatan. Namun, penonton dari layar kaca sulit melihat yang mana pemain Sivasspor karena warna putih tersebut.

Bahkan, 11 pemain Istanbul Basaksehir terlihat seperti merumput sendirian di atas lapangan. Hal itu terjadi lantaran dari layar kaca pemain-pemain Sivasspor menyaru dengan warna salju yang menutupi rumput!

Panitia pelaksana sepertinya bingung mengingat kostum ketiga atau alternatif dari Sivasspor adalah merah. Andai Sivasspor memaksa memakai kostum kandang dan alternatif, maka warnanya jelas bertabrakan dengan Istanbul Basaksehir (oranye).

Visibilitas pemain terganggu (Foto: Twitter/@ibfk2014)

Mungkin saja, hujan salju tersebut terjadi di luar perkiraan. Kedua kesebelasan tidak mengira akan turun salju pada saat technical meeting. Istanbul Basaksehir sudah terlanjur membawa kostum kandang berwarna oranye, sementara Sivasspor putih.

Sesuai regulasi FIFA, kedua warna itu bertolak belakang. Kostum oranye Basaksehir terhitung berwarna gelap, sementara Sivasspor terang. Masalah tersebut tidak perlu terjadi seandainya Basaksehir setuju memakai kostum tandang mereka, yang berwarna gelap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini