Dituduh Pengaruhi Wasit Jelang Liverpool vs Man United, Klopp: Saya Bukan Ferguson!

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 45 2345340 dituduh-pengaruhi-wasit-jelang-liverpool-vs-man-united-klopp-saya-bukan-ferguson-i5qQcrN5r5.jpg Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (Foto: Reuters)

LIVERPOOL – Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, dituduh telah mencoba mempengaruhi wasit jelang pertandingan melawan Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris 2020-2021. Pasalnya, belum lama ini Klopp sempat mengutarakan komentar yang seolah-olah membuat Liverpool sebagai tim yang dizalimi.

Setelah Liverpool kalah dengan skor 0-1 dari Southampton, Klopp langsung mengatakan bahwa timnya mendapatkan jumlah hadiah penalti lebih sedikit dibanding Man United. Ucapan Klopp tersebut seolah menyindir kinerja wasit di Liga Inggris yang lebih sering memihak Man United ketimbang Liverpool.

Menurut mantan wasit Liga Inggris, Mark Clattenburg, ucapan Klopp tersebut adalah bagian dari permainan pikiran untuk mempengaruhi wasit jelang Liverpool vs Man United. Karena, dengan berkata demikian, wasit yang mamimpin laga akan menjadi berpikir berulang kali untuk memberi hadiah penalti.

Baca juga: Solskjaer Indikasikan Amad Diallo Debut di Laga Liverpool vs Man United

Bruno Fernandes mengeksekusi penalti

Wasit tersebut akan memiliki pertimbangan tambahan dalam menghadiahkan penalti. Misalnya ketika ada pemain Man United yang dilanggar di kotak terlarang, maka wasit tersebut akan ikut mempertimbangkan apakah keputusannya ini nanti akan kembali dikomentari oleh Klopp atau tidak.

Padahal, wasit seharusnya bisa mengambil keputusan tegas tanpa perlu mempedulikan pandangan dari salah satu pihak. Seandainya wasit melihat itu sebagai benar-benar pelanggaran, maka seharusnya mereka bisa langsung mengambil keputusan tanpa perlu mempedulikan pandangan orang lain.

Mendengar komentar Clattenburg tersebut, Klopp merasa geram. Sebab, ia merasa tidak memiliki niatan untuk mempengaruhi wasit. Lagipula, Klopp merasa dirinya tidak punya kemampuan untuk melakukan permainan pikiran seperti Sir Alex Ferguson.

“Apakah saya terkejut bahwa seseorang berbicara tentang apa yang saya katakan setelah pertandingan Southampton? Tidak. Apakah saya terkejut bahwa Mark Clattenburg membicarakannya? Tidak,” jelas Klopp, dinukil dari Goal, Sabtu (16/1/2021).

“Saya bukan Sir Alex, saya tidak mencoba permainan pikiran. Saya ditanyai langsung setelah pertandingan Southampton dan saya tidak berpikir sedetik pun tentang pertandingan Man United,” terangnya.

Jurgen Klopp

“Saya melihat statistik tentang penalti sebelum pertandingan melawan Southampton, itu saja. Ketika orang-orang seperti Mark Clattenburg berbicara sekarang, itu selalu berbicara lebih banyak tentang mereka (para wasit) daripada tentang saya,” lanjut manajer asal Jerman tersebut.

“Mungkin jika dia pernah berada dalam situasi saya maka dia akan memainkan permainan pikiran, tapi sayangnya saya tidak memiliki keterampilan untuk bermain permainan pikiran!” pungkas Klopp.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini