Pelatih Athletic Bilbao: Mustahil Menang atas Real Madrid Tanpa Menderita

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 46 2345043 pelatih-athletic-bilbao-mustahil-menang-atas-real-madrid-tanpa-menderita-6wSiRlcw5q.JPG Athletic Bilbao siap menantang Barcelona (Foto: Reuters/Jon Nazca)

MALAGA – Ambisi Athletic Bilbao untuk melangkah ke babak Final Piala Super Spanyol 2020-2021 akhirnya terwujud. Los Leones sukses menaklukkan Real Madrid dengan skor tipis 2-1 pada babak semifinal di Stadion La Rosaleda, Malaga. Kemenangan itu membuat sang pelatih bergembira.

Seperti diketahui, Pelatih Athletic Bilbao Marcelino Garcia Toral mengobarkan ambisi untuk meraih gelar Piala Super Spanyol pada sesi konferensi pers jelang pertandingan. Ia cukup yakin Iker Muniain dan kawan-kawan tidak hanya mampu menang melawan Real Madrid, tetapi juga memboyong piala.

Ucapan tersebut akhirnya terbukti di lapangan. Dua gol Raul Garcia hanya mampu dibalas sekali oleh Karim Benzema. Athletic Bilbao pun melangkah ke Final Piala Super Spanyol dan menantang Barcelona di Stadion Olimpiade, Sevilla, Senin 18 Januari 2021 dini hari WIB.

Baca juga: Real Madrid Gugur oleh Athletic Bilbao, Zidane: Itu Bukan Kegagalan

Raul Garcia buka keunggulan dari titik putih (Foto: Reuters/Jon Nazca)

Menurut Marcelino Garcia Toral, anak asuhnya sudah menampilkan yang terbaik untuk mengharumkan nama Athletic Bilbao. Kemenangan atas Real Madrid tetap terasa manis sekali pun mereka harus bersusah payah di fase akhir laga.

“Saya sungguh bahagia dengan para pemain. Mereka sudah mendapatkan hasil yang bagus setelah apa yang terjadi di Copa del Rey musim lalu. Ini adalah kesempatan yang indah untuk unjuk kemampuan dan antusiasme. Para penggemar pasti bangga,” tutur Marcelino Garcia Toral selepas laga, dikutip dari laman resmi Athletic Bilbao, Jumat (15/1/2021).

“Meski kami menderita di fase akhir, kami punya beberapa opsi untuk menutup laga lebih cepat. Menang atas Real Madrid tanpa menderita sangat mustahil,” imbuh arsitek tim berkebangsaan Spanyol itu.

Kini, armada asuhan Marcelino Garcia Toral menatap laga final melawan Barcelona. Pria berusia 55 tahun itu tidak peduli dengan hasil di partai final nantinya. Menang atau kalah, yang penting anak asuhnya tetap menegakkan kepala.

“Kami hanya berjarak 90 menit dari trofi. Kami bisa menang atau kalah, tetapi hal terpenting adalah kami harus tetap menegakkan kepala,” lanjut Marcelino Garcia Toral.

“Kami ingin tetap memiliki keyakinan bahwa dengan mengerahkan segalanya kami bisa menang serta mempertahankan panji klub,” tegas mantan pelatih Valencia itu.

Skuad Athletic Bilbao merayakan gol (Foto: Reuters/Jon Nazca)

Barcelona tentu tidak bisa menganggap remeh Athletic Bilbao pada laga final. Sebab, pada perjumpaan terakhir, Blaugrana terlihat kesulitan sekali pun bisa menang tipis 3-2 di Stadion San Mames.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini