Wayne Rooney Pensiun, Kini Jadi Manajer Derby County

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 23:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 45 2345301 wayne-rooney-pensiun-kini-jadi-manajer-derby-county-0YtUkJctzJ.jpg Wayne Rooney (Foto: Twitter Derby County)

DERBY – Legenda Manchester United, Wayne Rooney, kini telah resmi pensiun sebagai pesepakbola. Menariknya, pria 35 tahun itu sekarang langsung memiliki profesi baru, yakni sebagai Manajer Derby County.

Sebagai informasi, Rooney bergabung dengan Derby County sebagai pemain pada Januari 2020 setelah ia mengakhiri perjalanannya bersama DC United. Akan tetapi, pada November 2020, pria yang dijuluki Wazza itu didapuk sebagai manajer interim Derby County.

Rooney menggantikan posisi Philip Cocu yang didepak dari jabatannya sebagai manajer Derby lantaran tak mampu membawa tim meraih hasil bagus. Maka dari itu, Rooney pun memiliki jabatan ganda di tim, yakni sebagai pemain sekaligus manajer.

Baca juga: Liverpool Gugup Sambut Kedatangan Man United

Wayne Rooney

Sejak penunjukan tersebut, Rooney telah memimpin Derby melakoni sembilan pertandingan. Hasilnya, sebanyak tiga laga berhasil mereka menangkan dan empat kali imbang. Posisi Derby di papan klasemen Divisi Championship pun perlahan menanjak.

Merasa puas dengan servis Rooney tersebut, Dewan Direksi Derby County pun menunjuk mantan penyerang Timnas Inggris itu sebagai manajer permanen. Maka dari itu, agar fokus menjalankan tugas barunya, Rooney memutuskan untuk pensiun sebagai pemain.

“Kami sangat senang mengonfirmasi penunjukan Wayne Rooney sebagai manajer baru kami,” ujar Chief Executive Officer Derby County, Stephen Pearce, dikutip dari laman resmi klub, Jumat (15/1/2021).

“Peningkatan hasil kami baru-baru ini di bawah Wayne berjalan bersama dengan beberapa penampilan positif, terutama kemenangan kandang 2-0 atas Swansea City dan kemenangan 4-0 di Birmingham City,” lanjutnya.

“Selama sembilan pertandingan itu kami juga secara dramatis meningkatkan rekor pertahanan kami dan mencatatkan lima cleansheet dalam prosesnya. Sementara ketika menyerang, kami menjadi lebih efektif dan kejam juga,” papar Pearce.

Wayne Rooney

“Fondasi tersebut telah menyediakan platform bagi klub untuk berkembang di paruh kedua musim di bawah bimbingan Wayne,” pungkasnya.

Rooney akan dibantu oleh Liam Rosenior, Shay Given, dan Justin Walker. Sementara itu, Steve McClaren akan melanjutkan perannya sebagai direktur teknis dan penasihat dewan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini