VAR Bikin Bingung di Laga Burnley vs Man United, Begini Penjelasan Premier League

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 45 2343837 var-bikin-bingung-di-laga-burnley-vs-man-united-begini-penjelasan-premier-league-fU35aftvY7.JPG Luke Shaw dikartu kuning wasit Kevin Friend usai melihat VAR (Foto: Reuters/Jon Super)

LONDON – Laga Burnley vs Manchester United tidak terlepas dari kontroversi penggunaan VAR. Operator Liga Inggris, Premier League, akhirnya merilis pernyataan terkait keputusan yang diambil wasit Kevin Friend pada laga yang berlangsung Rabu (13/1/2021) dini hari WIB tersebut.

Sejumlah insiden yang berkaitan dengan VAR memang mewarnai laga Burnley vs Man United. Insiden pertama melibatkan pelanggaran Luke Shaw pada menit terhadap Johann Gudmundsson di menit 27. Wasit Kevin Friend sempat melanjutkan pertandingan karena kontak tersebut cukup fair.

Sejurus kemudian, gantian Robbie Brady yang melanggar Edinson Cavani sedikit di luar kotak penalti. Kevin Friend mencabut kartu kuning dari sakunya untuk pelanggaran itu. VAR lantas melakukan intervensi karena ada kemungkinan Brady sebagai pemain terakhir hingga layak dikartu merah.

Baca juga: Solskjaer Bicarakan Kunci Sukses Man United

Robbie Brady menekel Edinson Cavani (Foto: Reuters/Peter Powell)

Tidak disangka, Kevin Friend justru membatalkan pelanggaran terhadap Cavani serta kartu kuning bagi Brady. Ia malah memberikan kartu kuning kepada Luke Shaw setelah berdiskusi serta menyaksikan sendiri tayangan VAR.

Premier League lantas merasa perlu menjelaskan kebingungan yang terjadi. Menurut pernyataan resminya, Premier League meyakini wasit Kevin Friend menilai apa yang dilakukan Luke Shaw terhadap Johann Gudmundsson adalah sebuah pelanggaran.

“Pada menit 27, Robbie Brady dikenai kartu kuning karena pelanggaran terhadap Edinson Cavani. Sesuai rekomendasi VAR, wasit Kevin Friend melihat tayangan ulang untuk mengecek adanya kemungkinan kartu merah karena menggagalkan kesempatan mencetak gol serta kemungkinan pelanggaran Luke Shaw dalam fase menyerang yang sama,” bunyi pernyataan Premier League, dikutip dari Goal, Rabu (13/1/2021).

“Ketika wasit ada di layar, dia diperlihatkan lebih dulu tekel Shaw ke kaki Johann Gudmundsson. Dia meyakinkan diri sendiri bahwa itu adalah pelanggaran dan bagian dari fase serangan yang berakhir dengan jegalan dari Brady,” imbuh pernyataan tersebut.

“Permulaan kembali adalah tendangan bebas untuk Burnley, dengan kartu kuning yang dilayangkan untuk Brady, menjadi kartu kuning untuk Shaw,” tutup pernyataan resmi tersebut.

Wasit Kevin Friend melihat tayangan ulang (Foto: Reuters/Peter Powell)

Kontroversi lainnya terjadi pada gol yang dicetak Harry Maguire di menit 36. Bek berkebangsaan Inggris itu dinilai telah melanggar Erik Pieters dalam duel udara, sebelum menanduk umpan dari Bruno Fernandes di sisi kanan.

Gol tersebut dianulir sehingga babak pertama berakhir 0-0. Beruntung, Man United mampu mencetak gol pada menit 71 lewat kaki Paul Pogba sehingga membawa pulang angka penuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini