Share

4 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Layak Main di SEA Games 2021

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 51 2342595 4-pemain-timnas-indonesia-u-19-yang-layak-main-di-sea-games-2021-TALCi1MBAC.jpg Timnas Indonesia U-19 saat menahan Arab Saudi 3-3. (Foto: PSSI)

SEBANYAK dua agenda besar yang sejatinya akan dijalani Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 tahun ini, yakni Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021 batal digelar. Dua ajang di atas batal dilangsungkan karena dunia masih berjuang melawan pandemi virus corona (Covid-19).

Meski skuad Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19–dipastikan batal tampil di dua ajang di atas, PSSI selaku Federasi Sepakbola Indonesia tetap “menyekolahkan” David Maulana dan kawan-kawan di Spanyol. Tujuannya dengan berlatih di Spanyol, kemampuan dan kekompakan skuad Timnas Indonesia U-19 makin oke ketimbang sebelumnya.

Meski gagal di dua event besar, bukanlah akhir dari segalanya bagi personel Timnas Indonesia U-19. Personel Timnas Indonesia U-19 bisa dinaikkan pangkat ke tim U-22 yang dipersiapkan tampil di SEA Games 2021 Hanoi.

Berikut 4 pemain Timnas Indonesia U-19 yang layak main di SEA Games 2021:

4. Elkan Baggott

Elkan Baggott

Elkan Baggott tentu paling dikedepankan untuk mentas bersama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2021. Terbukti ketika Elkan Baggott membela Timnas Indonesia U-19 di Kroasia, performa skuad Garuda Nusantara meningkat pesat.

Tercatat, Timnas Indonesia U-19 menang 4-1 dan imbang 0-0 atas Makedonia Utara, serta menghajar Hajduk Split 4-0 ketika Elkan Baggott merumput! Hal itu berarti, Timnas Indonesia U-19 hanya kemasukan satu gol dari tiga pertandingan, plus mencatatkan rataan 2,67 gol per pertandingan.

Hanya saja, kendalanya satu, akankah klub Elkan Baggott, Ipswich Town, rela melepaskan sang pemain ke SEA Games 2021? Sebab, SEA Games 2021 tidak masuk agenda FIFA.

3. Amiruddin Bagas Kaffa

Bagas Kaffa

Nama kedua yang layak dikedepankan adalah Amiruddin Bagas Kaffa. Sudah lama rasanya Timnas Indonesia tidak memiliki fullback kanan jempolan.

Pemain milik Barito Putera ini pun masuk kategori fullback kanan modern, yang mana tak hanya kukuh dalam bertahan, namun juga oke saat membantu serangan. Tentu masih hangat dalam ingatan ketika Bagas Kaffa mencetak satu gol sekaligus membantu Timnas Indonesia U-16 menang 2-0 atas Iran di Piala Asia U-16 2018.

Penampilan optimal juga ditunjukkan Bagas Kaffa saat turun bersama Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Kala itu, Bagas Kaffa yang beroperasi sebagai pemain belakang mengoleksi dua gol dan tiga assist!

BACA JUGA: Kiper Ini Dua Kali Dibobol Cristian Gonzales, Elkan Baggott Siap Jejaki Kariernya

Jumlah gol Bagas Kaffa hanya kalah dari Jack Brown dan Witan Sulaeman yang sama-sama mencetak tiga gol. Sementara untuk jumlah assist, itu merupakan yang terbanyak, bersanding dengan Witan.

2. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman

Jangan ragukan kualitas Witan. Pemain milik Radnik Surdulica ini merupakan top skor dan assist Timnas Indonesia U-19 selama TC di Kroasia. Berbekal pengalaman tampil di SEA Games 2019, Witan dapat jadi senjata mematikan bagi skuad Garuda Nusantara.

1. Bagus Kahfi

Bagus Kahfi

Nama terakhir adalah Bagus Kahfi. Ketika tampil di SEA Games 2019, Timnas Indonesia U-22 tidak memiliki penyerang murni. Alhasil, pelatih Indra Sjafri memainkan Osvaldo Haay yang aslinya beroperasi sebagai winger.

Ketiadaan penyerang tengah berkualitas dapat digantikan Bagus Kahfi. Terlebih dalam waktu dekat Bagus Kahfi akan bermain di Divisi II Belanda bersama tim muda FC Utrecht. Pengalaman tampil di Belanda diprediksi meroketkan kualitas Bagus Kahfi dalam mengoyak jala gawang lawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini