Jumpa Barcelona, Kapten PSG: Dulu Neymar Sakiti Kami, Sekarang Sebaliknya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 261 2327974 jumpa-barcelona-kapten-psg-dulu-neymar-sakiti-kami-sekarang-sebaliknya-yweNHs1uBx.JPG Neymar Jr (Foto: Reuters)

PARIS – Hasil undian menetapkan Paris Saint-Germain (PSG) akan berhadapan dengan Barcelona di babak 16 besar Liga Champions 2020-2021. Jelang pertandingan tersebut, Neymar Jr pun menjadi sosok yang paling disorot.

Sebelum bergabung dengan PSG pada bursa transfer musim panas 2017, Neymar sejatinya merupakan bagian dari skuad Barca. Tidak hanya itu, Neymar juga menjadi sosok penting dalam mengantarkan Blaugrana menyingkirkan PSG di pentas Liga Champions beberapa musim lalu.

Selama membela panji Blaugrana, Neymar tercatat telah menghadapi PSG sebanyak empat kali. Dua pertandingan pertama terjadi di babak perempatfinal Liga Champions 2014-2015.

Baca juga: Unik, Pemimpin Klasemen Kompetisi Top Eropa Tak Ada yang Tampil di Liga Champions

Neymar dan Messi

Kala itu, pada leg pertama di Parc des Princes, Barca menang 3-1 lewat brace Luis Suarez dan satu gol Neymar. Sedangkan pada leg kedua, Blaugrana menang 2-0 di kandang sendiri. Seluruh gol Barca di pertandingan tersebut diborong oleh Neymar.

Sementara itu, dua pertemuan lainnya terjadi di babak 16 besar Liga Champions 2016-2017. Kala itu, PSG yang menjadi tuan rumah di leg pertama sejatinya tampil perkasa. Tidak tanggung-tanggung, mereka melibas Barca dengan skor telak 4-0.

Kendati demikian, pada leg kedua di Camp Nou, Barca mampu comeback. Neymar Jr tampil gemilang di laga tersebut dengan membukukan dua gol dan dua assist. Hasilnya, Barca pun memang 6-1 dan melaju ke perematfinal.

Bisa dibilang, Neymar adalah petaka bagi PSG. Akan tetapi, situasi saat ini berbeda. Pemain bintang Brasil tersebut kini justru membela panji Les Parisiens. Kapten PSG, Marquinhos pun menerangkan bahwa Neymar sudah tak sabar untuk membantu PSG menggugurkan Barca di 16 besar.

“Ada sejarah yang hebat antara kedua klub di Liga Champions, baik kenangan baik maupun buruk untuk kami. Tim kami telah banyak berubah, kami lebih dewasa, dan konteksnya akan berbeda,” jelas Marquinhos, dinukil dari laman resmi PSG, Selasa (15/12/2020).

Neymar dan Marquinhos

“Neymar menyakiti kami saat itu, sekarang dia bersama kami. Dia sangat menantikan untuk memainkan pertandingan ini dan membantu kami memenangkannya," lanjut Marquinhos.

"Ini pertandingan besar untuk dimainkan, tantangan yang hebat. Mereka lawan yang hebat. Kami mengharapkan pertarungan besar, dan kami harus siap untuk itu,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini