Keren! Catatan Edouard Mendy Samai Petr Cech di Chelsea

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 45 2321529 keren-catatan-edouard-mendy-samai-petr-cech-di-chelsea-23bLsCYS7G.jpg Edouard Mendy tampil gemilang bersama Chelsea. (Foto: REUTERS/Justin Tallis)

KEHADIRAN Edouard Mendy benar-benar memberikann dampak signifikan bagi Chelsea. Hanya menghitung waktu normal, dari 12 pertandingan dibela Edouard Mendy, The Blues –julukan Chelsea– tidak terkalahkan dengan koleksi delapan menang dan empat imbang.

Lantas, dari mana bukti Edouard Mendy memberikan dampak signifikan terhadap performa Chelsea? Statistik menunjukkan, dari 12 penampilan awal bersama Chelsea, Edouard Mendy mencatatkan sembilan clean sheet tanpa satu kali pun kebobolan.

Edouard Mendy

Catatan Edouard Mendy di atas menyamai pencapaian 12 penampilan awal kiper terhebat dalam sejarah berdirinya Chelsea, Petr Cech. Kiper berpaspor Republik Ceko itu juga mencatatkan sembilan clean sheet dan hanya kemasukan tiga kali dalam 12 penampilan awal.

Petr Cech memang tampil luar biasa di musim pertamanya membela Chelsea pada 2004-2005. Ia hanya kemasukan 13 kali dari 35 penampilan di Liga Inggris. Jika menghitung penampilan keseluruhan, gawang Petr Cech hanya kemasukan 28 kali dari 48 penampilan di sepanjang 2004-2005.

Karena itu, Petr Cech yang kini bertindak sebagai direktur teknik Chelsea, tidak habis-habisnya memberikan masukan kepada Edouard Mendy. Terlebih, Petr Cech juga kerap berlatih bareng dengan Edouard Mendy di skuad Chelsea musim ini.

BACA JUGA: Terpukul Dibantai Chelsea, Gelandang Sevilla Ceritakan Sulitnya Hadapi Giroud Dkk

Sekadar informasi, Cech didaftarkan masuk ke dalam 25 pemain Chelsea yang tampil di Liga Inggris 2020-2021. Cech sendiri merupakan sosok berjasa yang membawa Edouard Mendy ke Stamford Bridge.

“Saya memberikan saran (soal pembelian Mendy). Sebab, saya ingin menambahkan kualitas penjaga gawang yang sedikit berbeda ketimbang kiper yang ada di skuad kami sebelumnya,” kata Cech beberapa waktu lalu, mengutip dari The Sun, Jumat (4/12/2020).

Edouard Mendy

“Kami memiliki Kepa (Arrizabalaga) dan Willy Caballero. Namun, Kepa melalui momen sulit di Chelsea dan pada akhirnya kami memutuskan menambah penjaga gawang dan kami setuju mendatangkan Edouard,” lanjut Cech.

Kehadiran Edouard Mendy dan dampak yang diberikan, berpotensi sama seperti yang diberikan Alisson Becker kepada Liverpool. Semenjak Alisson datang, Liverpool akrab dengan gelar juara seperti memenangkan Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub dan Liga Inggris.

Karena itu, menarik menanti dampak yang ditunjukkan Edouard Mendy kepada Chelsea. Akankah Chelsea akrab dengan gelar juara seiring kehadiran kiper berpaspor Senegal tersebut?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini