5 Pemain yang Tak Diduga Pernah Bela Barcelona

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 46 2319330 5-pemain-yang-tak-diduga-pernah-bela-barcelona-JgqtdYTz00.jpg Barcelona (Foto: Twitter/@LaLiga)

BARCELONABarcelona adalah salah satu klub paling sukses dalam sepakbola. Meski terakhir mengalami musim tanpa trofi, tetapi mereka masih menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Apalagi, Barcelona memiliki pemain yang juga tidak bisa diremehkan.

Beberapa pemain juga terkenal ikonik sebagai skuad Barcelona. Namun, ada pula beberapa pemain yang menikmati kesuksesan besar di tempat lain, padahal ia pernah menjadi bagian dari skuad Barcelona. Lalu siapa saja lima pemain yang tak diduga pernah bela Barcelona? Berikut kelima pemain tersebut.

5. Mikel Arteta

Pelatih Arsenal ini memulai karier profesionalnya di Barcelona. Sayangnya, kesulitan untuk menembus tim utama. Ia tercatat tiga tahun membela Barcelona untuk tim B dan akhirnya melanjutkan karier ke Paris Saint Germain (PSG), Rangers, dan Real Sociedad sebelum mendarat ke Liga Inggris.

Ketika mentas di Liga Inggris, ia tampil gemilang. Arteta pun berkembang menjadi playmaker yang tangguh. Menjalani 350 pertandingan kumulatif di Everton dan Arsenal, mantan pemain Barcelona ini berhasil mencetak 51 gol dan 41 assist.

Mikel Arteta

4. Juan Roman Riquelme

Riquelme dianggap sebagai salah satu playmaker terbaik dunia ketika memiliki masa kejayaan bersama Boca Juniors dan Villarreal. Akan tetapi, ia memiliki tugas yang sangat mengecewakan di Camp Nou. Ia hanya menghasilkan enam gol dan sembilan assist dalam 42 pertandingan.

Saat berada di bawah arahan Louis van Gaal, Riquelme menunjukkan rasa frustrasinya yang hanya seklias tampil bersama Barcelona. Pasalnya ia juga memainkan peran yang tidak biasa dengan menempati posisi sayap. Alhasil setelah itu, ia pun melanjutkan karier ke Villarreal.

Juan Roman Riquelme

3. Maxi Lopez

Maxi Lopez membuat debut yang mengesankan untuk Barcelona ketika ia mencetak gol dengan sentuhan pertamanya saat melawan Chelsea di Liga Champions. Sayangnya, performa apiknya tidak berlanjut dengan baik.

Ia hanya mencetak satu gol dalam 12 penampilan sebelum akhirnya meninggalkan klub. Akan tetapi, bersama sejumlah klub, ia juga tidak tampil baik. Ia berjuang dengan konsistensi dan mencetak kurang dari 10 gol untuk 12 klub.

Maxi Lopez

2. Ricardo Quaresma

Setelah menarik perhatian banyak klub-klub top saat membela Sporting Lisbon, Quaresma tiba di Barceona pada musim panas 2003 penuh kemeriahan. Namun, ia justru gagal menampilkan performa terbaiknya saat bersama Barcelona.

Quaresma pun sejatinya memiliki semua atribut di dunia untuk sukses di Barcelona. Namun, ia mengalami cedera dan perselisihan dengan pelatih Barcelona saat itu yakni Frank Rijkaard. Situasi itu membuat Quaresma meninggalkan setelah tinggal satu musim.

Ricardo Quaresma

1. Thiago Motta

Motta memulai karier profesionanya di Barcelona pada musim 2001. Akan tetapi, cedera dan ketidakmampuannya masuk ke tim utama membuat sang pemain menjalani enam musim yang mengecewakan di Camp Nou.

Motta yang bisa bermain di sejumlah posisi lini tengah, hanya bisa mencetak 10 gol di Barcelona. Setelah itu, ia pun pergi ke Atletico Madrid, Genoa, dan Inter Milan, di mana cedera terus berlanjut hingga merusak kariernya. Tetapi, kariernya kembali cemerlang ketika memperkuat PSG dengan membuat beberapa kontribusi gol dan memenangkan banyak gelar.

Thiago Motta

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini