5 Persamaan Diego Maradona dan Lionel Messi, Mana yang Lebih Hebat?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316492 5-persamaan-diego-maradona-dan-lionel-messi-mana-yang-lebih-hebat-oPvsVjsprh.jpg Maradona (kiri) dan Messi saat bekerja sama di Piala Dunia 2010. (Foto: REUTERS)

DIEGO Maradona meninggal dunia karena terkena serangan jantung pada Rabu 25 November 2020 malam WIB. Kepergian Diego Maradona ditangisi jutaan pencinta sepakbola dunia, mengingat pria 60 tahun itu merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang pernah muncul di bumi ini.

Saking hebatnya, setiap kali ada pesepakbola jempolan muncul di Argentina –negara Maradona, langsung disebut-sebut sebagai The New Maradona. Beberapa nama di antaranya adalah Ariel Ortega, Pablo Aimar, Carlos Tevez hingga Lionel Messi.

Dari sekian nama di atas, sosok Lionel Messi jadi yang paling mirip dengan Diego Maradona. Selain sama-sama mengandalkan kaki kiri sebagai kaki terkuatnya, apa persamaan di antara Lionel Messi dan Diego Maradona?

Berikut 5 persamaan Diego Maradona dan Lionel Messi:

5. Hungaria Jadi Lawan Pertama di Timnas Argentina

Diego Maradona

Maradona pertama kali dipanggil Timnas Argentina di usia 16 tahun 3 bulan 28 hari. Saat itu, Maradona dipanggil pelatih Cesar Menotti saat La Albiceleste menang 5-1 atas Hungaria di laga uji coba pada 27 Februari 1977. Dalam laga tersebut, Maradona tampil 28 menit. Selama membela Argentina, Diego Maradona membantu sang negara juara Piala Dunia 1986 setelah di final menang 3-2 atas Jerman.

Sama seperti Maradona, Lionel Messi menjalani laga perdana bareng Argentina di laga kontra Hungaria. Ia dipanggil pelatih Jose Pekerman pada 17 Agustus 2005, atau di usia 18 tahun 1 bulan 24 hari. Dalam yang dimenangkan Argentina 2-1 itu, Messi hanya turun satu menit.

Bagaimana kiprah Messi bersama Argentina? Ia hanya mengantarkan Argentina finis runner-up di Copa America 2007, 2015 dan 2016, serta Piala Dunia 2014.

4. Bertubuh Mungil

Lionel Messi

Banyak orang berkata, pesepakbola mungil takkan bisa bersaing di kompetisi Eropa. Sebab, pesepakbola dengan tipe fisik seperti ini dinilai kalah bersaing dengan fisik sejumlah pemain Eropa yang memiliki tubuh besar.

Namun, hanya memiliki tinggi badan 160-an cm (Lionel Messi, 169 cm dan Maradona, 167 cm), tidak menghalangi keduanya untuk berprestasi. Lionel Messi tercatat sebagai top skor sepanjang masa Barcelona dan memenangkan enam trofi Ballon dOr. Maradona? Seperti yang kita tahu, ia merupakan salah satu pesepakbola terbaik di abad 20.

3. Bela Barcelona

Diego Maradona

Baik Maradona dan Lionel Messi pernah dan masih membela Barcelona. Maradona pernah membela Barcelona dari 1982 hingga 1984. Dalam periode tersebut, Maradona turun dalam 43 pertandingan dengan koleksi 30 gol. Dari 30 gol itu, Maradona menghadirkan tiga gelar bagi Barcelona, yakni Copa del Rey 1982-1983, Copa de La Liga 1982-1983 dan Piala Super Spanyol 1983.

Bagaimana dengan Lionel Messi? La Pulga sukses besar bersama Barcelona. Semenjak naik ke tim senior Barcelona, Lionel Messi telah memberikan 34 trofi bagi publik Camp Nou! Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak ketimbang pemain Barcelona mana pun.

Kemudian, Lionel Messi juga tercatat sebagai top skor sepanjang masa Barcelona dengan koleksi 640 gol dari 742 pertandingan. Melihat fakta di atas, Lionel Messi unggul atas Maradona.

2. Dicintai Suporter

Diego Maradona

Fans Napoli tergila-gila kepada Maradona. Bagaimana tidak, berkat Maradona-lah, tim kebanggaan mereka merasakan manisnya mengangkat trofi Liga Italia 1986-1987 dan 1989-1990. Saking cintanya kepada Maradona, fans Napoli sampai membelot.

Ketika Italia bersua Argentina di Stadion San Paolo pada semifinal Piala Dunia 1990, fans Napoli yang harusnya mendukung tuan rumah, justru memberikan dukungan kepada Maradona yang berseragam Argentina.

Bagaimana dengan Messi? Ribuan suporter melakukan aksi demo medio Agustus 2020 ketika tahu Lionel Messi akan meninggalkan Barcelona pada musim panas 2020. Pada akhirnya, Lionel Messi bertahan di Barcelona.

1. Gol Tangan Tuhan

Diego Maradona

Baik Maradona dan Lionel Messi sama-sama pernah mencetak gol tangan tuhan. Ketika memperkuat Tim Nasional (Timnas) Argentina di Piala Dunia 1986, Diego Maradona membuat gol ikonik, yang hingga kini masih dikenang milaran pencinta sepakbola dunia. Gol ikonik yang dimaksud adalah gol tangan tuhan yang tercipta di perempatfinal Piala Dunia 1986 dalam laga Argentina vs Inggris.

Ketika pertandingan yang digelar di Stadion Azteca, Meksiko, memasuki menit 51, Diego Maradona mendribel bola melewati empat pemain. Kemudian, Maradona memberikan umpan kepada Jorge Valdano. Sayangnya, bola gagal dijangkau Valdano. Namun, salah satu pemain belakang Inggris justru melakukan kesalahan dan menyapu bola ke arah kotak penalti mereka sendiri.

Alhasil, Diego Maradona yang sedang berlari ke kotak penalti langsung loncat dan menyundul bola. Namun, tahu dirinya kalah tinggi dari Kiper Inggris, Peter Shilton, Diego Maradona sedikit menggunakan bantuan tangan untuk mendorong si kulit bulat.

Bola pun masuk ke gawang dan membuat Argentina unggul 1-0. Awalnya Diego Maradona sempat ragu, namun wasit Ali Bin Nasser asal Tunisia mensahkan gol tangan tuhan yang dibuat Diego Maradona.

Bagaimana dengan Messi? Messi juga pernah mencetak gol dengan tangan, tepatnya saat Barcelona menjamu Espanyol di pekan ke-37 Liga Spanyol 2006-2007. Saat itu, umpan silang Gianluca Zambrotta disambut sundulan Lionel Messi, yang ternyata dibantu tangan kiri sang messiah.

Sejumlah pemain Getafe melancarkan protes, namun wasit tetap mensahkan gol tersebut karena sang pengadil tidak melihat adanya keanehan. Jika saat itu sudah ada VAR, Lionel Messi dan Maradona berpotensi terkena kartu merah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini