Diego Maradona Akrab dengan Kontroversi

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 51 2316276 diego-maradona-akrab-dengan-kontroversi-U4NwIYpjaZ.jpg Diego Maradona (Foto: Reuters)

DIEGO Armando Maradona meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020, malam WIB. Pencinta sepakbola di seluruh dunia pun berduka cita atas kepergian pria asal Argentina tersebut.

Maradona adalah salah satu pesepakbola terbaik dalam sejarah sepakbola dunia. Namanya layak disandingkan dengan legenda sepakbola Brasil, Pele. Akan tetapi, Maradona adalah manusia biasa yang tidak lepas dari kontroversi.

Diego Maradona (Foto: Reuters)

Pria kelahiran Buenos Aires 60 tahun silam itu kerap terlibat masalah selama menjadi pesepakbola pada 1976-1997. Maradona sempat ketergantungan pada narkoba. Hal itu hampir menghancurkan karier brilian Maradona.

Maradona berkenalan dengan narkoba saat bermain untuk Barcelona pada 1983. Akan tetapi, keburukan Maradona cukup lama tertutupi sehingga dia tetap tampil cemerlang di mata media dengan prestasinya.

BACA JUGA; Diego Maradona Meninggal Dunia, Rivalitas dengan Lionel Messi Terus Berlanjut?

Nasib apes menimpa Maradona saat dirinya bermain untuk Napoli. Pria asal Argentina itu diuji positif kokain pada Maret 1991. Dia pun dilarang bermain selama 15 bulan. Hal itu membuat Maradona berpisah dari Napoli dan pindah ke Sevilla pada 1992.

Semusim bermain dengan Sevilla, Maradona pulang ke Argentina untuk membela Newell’s Old Boys pada 1993. Sayangnya, setahun berselang, Maradona kembali terjerat masalah. Maradona terjart kasus doping karena diuji positif efedrin stimulant.

Maradona pun kembali dihukum larangan bermain selama sembilan bulan. Hukuman itu membuat Maradona tidak bisa membela Tim Nasional (Timnas) Argentina pada Piala Dunia 1994.

Selain narkoba, Maradona juga kecanduan pada alkohol dan seks saat masih mentas di atas lapangan sepakbola. Dia pernah secara diam-diam memesan dua pekerja seks komersial dari seorang rekan mafia Neapolitan.

Infografis Diego Maradona (Foto: Okezone)

Kontroversi terus melekat dengan Maradona bahkan hingga dirinya pensiun sehingga kesehatannya pun terganggu. Meski begitu, Maradona sudah bersih dari hal-hal negatif dalam beberapa tahun terakhir ini.

Terlepas dari semua kontroversi itu, Maradona adalah legenda sepakbola dunia. Pria asal Argentina itu total meraih 11 trofi bergengsi yang salah satunya adalah Piala Dunia 1986. Trofi Piala Dunia adalah persembahan terbesar Maradona untuk Tanah Kelahirannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini