Serdy Ephy Dicoret, Buka Jalan Sutan Zico Gabung Timnas Indonesia U-19?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 51 2315282 serdy-ephy-dicoret-buka-jalan-sutan-zico-gabung-timnas-indonesia-u-19-iSRiLTIHiy.jpg Sutan Zico saat berlatih bersama Persija. (Foto: Media Persija)

JAKARTA – Keputusan tegas dikeluarkan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Pelatih berpaspor Korea Selatan itu memutuskan mencoret dua pemain, yakni Serdy Ephy Fano dan Mochamad Yudha Febrian karena melakukan tindak indispliner pada Senin 24 November 2020.

"Dua pemain yakni Serdy dan Yudha telah melakukan tindakan indisipliner yang berat. Untuk itu, kami langsung memulangkan mereka," kata Shin Tae-yong mengutip dari laman resmi PSSI.

Serdy Ephy Fano

(Serdy Ephy saat berlatih bersama Bhayangkara FC. (Foto: Laman resmi Bhayangkara FC)

Menurut asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, keduanya dicoret karena telat bergabung pada latihan yang digelar Senin, 24 November 2020 pagi WIB. Setelah ditelisik, ternyata dua nama di atas telat latihan karena baru pulang ke hotel pukul 03.00 WIB di hari yang sama.

“Senin pagi ada latihan. Sebelum latihan ada timbang badan di ruang medis. Mereka (Serdy dan Yudha) tidak hadir ditimbang badan. Lalu latihan mulai jam 7 dan pemain tidak hadir,” kata asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto, saat dihubungi Okezone, Selasa (24/11/2020).

“Baru sekira jam 07.30 atau 07.40 mereka baru datang, itu pun kita bangunkan pake master key. Kita mencurigai kenapa kesiangan, kita hubungi pihak hotel via cctv mereka pulang jam 3. Setelah itu kita laporkan ke Coach Shin,” lanjut pria berkepala plontos ini.

Timnas Indonesia U-19

Saat ditanya akankah tim pelatih bakal memanggil personel baru setelah pencoretan di atas, Nova Arianto masih menunggu arahan dari Shin Tae-yong. “Pemanggilan menunggu arahan Coach Shin. Sejauh ini kita masih latihan normal seperti arahan biasa,” lanjut mantan bek andalan PSIS Semarang tersebut.

Jika Shin Tae-yong berencana memanggil pemain baru, nama penyerang Persija Jakarta, Sutan Zico, berpotensi dipanggil. Kebetulan, posisi bermain Sutan Zico sama dengan Serdy Ephy, yang bertufas sebaga penyerang. Sutan Zico merupakan penyerang andalan Timnas Indonesia U-16 dan U-19 era Fakhri Husaini.

BACA JUGA: Indisipliner 2 Pemain Timnas Indonesia U-19 Bikin Shin Tae-yong Marah Besar

Nama Sutan Zico pertama kali mencuat semenjak Timnas Indonesia U-16 menang 18-0 atas Kepulauan Mariana Utara di Kualifikasi Piala Asa U-16 2018 yang digelar medio Oktober 2017. Di laga tersebut, Sutan Zico menggila dengan mencetak lima gol!

Sejak saat itu, Sutan Zico merupakan penyerang andalan Timnas Indonesia U-16 dan kemudian dilanjutkan ke U-19. Bahkan tak jarang, demi memberi tempat kepada Sutan Zico, Fakhri Husaini sampai menggeser Amiruddin Bagus Kahfi ke posisi winger.

Timnas Indonesia U-19

Hanya saja, semenjak tampuk kepelatihan Timnas Indonesia U-19 dipegang Shin Tae-yong, Sutan Zico kesulitan masuk skuad. Baru-baru ini, Sutan Zico sedang berjuang membentuk fisiknya agar kembali masuk skuad Timnas Indonesia U-19.

“Mungkin saat ini belum rezeki untuk dipanggil Timnas Indonesia. Saya kira pelatih Shin Tae-yong mungkin punya selera tersendiri. Sebagai pemain saya pikir harus adaptasi dengan apa yang diinginkan pelatih dan harus mengejar itu saat ini,” ujar Zico mengutip dari laman resmi Persija.

Sutan Zico

(Sutan Zico saat cetak lima gol di laga Indonesia vs Kepulauan Mariana Utara)

“Mungkin yang saya kira masih kurang adalah postur saya. Postur saya masih kalah dengan striker yang ada di timnas,” lanjut Zico.

“Maka dari itu saat ini saya terus membenahi kekuatan otot saya dan bekerja lebih keras lagi. Dengan menujukkan itu mudah-mudahan bisa dipanggil kembali dan bila itu terjadi saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan itu nantinya,” tutup top skor Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini