Pemain Keturunan Tampil Apik, PSSI Panggil Lagi Pesepakbola Blasteran?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 23 November 2020 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 51 2314734 pemain-keturunan-tampil-apik-pssi-panggil-lagi-pesepakbola-blasteran-UeI1HeG5h5.jpg Jack Brown, tampil apik bersama Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia U-19 sempat dibela empat pemain keturunan saat menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Mereka ialah Elkan Baggott (bek, Inggris-Indonesia), Jack Brown (penyerang, Inggris-Indonesia), Kelana Mahessa (gelandang, Jerman-Indonesia) dan Luah Mahessa (gelandang, Jerman-Indonesia).

Jack Brown tampil dalam lima pertandingan selama di Kroasia dengan koleksi tiga gol. Koleksi tiga gol membuat Jack Brown keluar sebagai top skor Timnas Indonesia U-19 di Kroasia, bersanding dengan Witan Sulaeman.

Jack Brown

(Jack Brown (10), top skor Timnas Indonesia U-19 di Kroasia)

Kemudian Elkan Baggott, semenjak bek Ipswich Town ini hadir, performa skuad Garuda Nusantara terkerek. Bek bertinggi badan 196 sentimeter ini turun di tiga pertandingan pamungkas yang dijalani Timnas Indonesia U-19.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-19 menang dua kali dan imbang sekali. Tercatat, skuad Garuda Nusantara menang 4-1 atas Makedonia Utara dan menghajar Hajduk Split 4-0. Kemudian, satu laga lain berakhir 0-0 saat bertemu Makedonia Utara untuk kedua kalinya.

Bagaimana dengan Kelana dan Luah Mahessa? Kelana tampil sebagai starter saat Timnas Indonesia U-19 menang 4-0 atas Hajduk Split. sementara Luah baru tampil di babak kedua laga yang sama.

Kelana Mahessa

(Kelana Mahessa turun di laga Timnas Indonesia U-19 vs Hajduk Split)

Kelar pertandingan, pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong memuji Kelana yang menjalani duet apik dengan David Maulana di lini sentral Timnas Indonesia U-19. Selintas, pemain-pemain di atas tampil brilian.

BACA JUGA: Soal Pemain Keturunan di Timnas Indonesia U-19, PSSI: Banyak yang Ingin Masuk

Pertanda Timnas Indonesia U-19 memanggil pemain blasteran tambahan? Ketika Timnas Indonesia U-19 pulang dari Kroasia pada Selasa 27 Oktober 2020, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengatakan pada TC Timnas Indonesia U-19 selanjutnya, akan ada lima pemain keturunan tambahan.

Dalam pengakuan Indra Sjafri, PSSI sudah memantau 30 nama pemain keturunan. Dari jumlah tersebut,setidaknya akan diambil tujuh nama.

Timnas Indonesia U-19

Namun, dalam channel YouTube-nya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan memprioritaskan pemain-pemain lokal ketimbang pemain keturunan. Karena itu, ia meminta Bagas Kaffa dan kawan-kawan untuk berlatih maksimal agar posisinya tidak digeser pemain keturunan.

“Banyak sekali pemain yang ingin bergabung dengan Indonesia untuk tampil di Piala Dunia (U-20). Di luar banyak sekali, pemain-pemain keturunan. Tapi, tetap saya akan melihat kalian. Mungkin sudah ada yang masuk, Jack Brown dan Elkan Baggott. Tapi, paspor mereka Indonesia,” kata Iriawan saat mengunjungi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19, Okezone mengutip dari YouTube Mochamad Iriawan Official, Senin (23/11/2020).

“Pemain luar yang ingin masuk banyak sekali. Tapi, saya tetap memprioritaskan Anda. Oleh sebab itu, saya meminta kalian latihan yang maksimal,” tutup mantan Kapolda Jawa Barat tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini