Soal Pemain Keturunan di Timnas Indonesia U-19, PSSI: Banyak yang Ingin Masuk

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 23 November 2020 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 51 2314722 soal-pemain-keturunan-di-timnas-indonesia-u-19-pssi-banyak-yang-ingin-masuk-r6JFZXAT6m.jpg Elkan Baggott sudah memiliki paspor Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan banyak pemain keturunan yang bertekad membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021. Karena itu, Iwan Bule –sapaan akrab Mochamad Iriawan– meminta kepada pemain-pemain Timnas Indonesia U-19 untuk berlatih sungguh-sungguh.

Tujuan Iriawan mengungkapkan hal tersebut hanya satu, supaya performa dan kualitas permainan Timnas Indonesia U-19 terus meningkat. Jika pemain lokal bermain oke, tak ada alasan bagi PSSI memanggil pemain keturunan tambahan.

Timnas Indonesia U-19

“Banyak sekali pemain yang ingin bergabung dengan Indonesia untuk tampil di Piala Dunia (U-20). Di luar banyak sekali, pemain-pemain keturunan. Tapi, tetap saya akan melihat kalian. Mungkin sudah ada yang masuk, Jack Brown dan Elkan Baggott. Tapi, paspor mereka Indonesia,” kata Iriawan saat mengunjungi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19, Okezone mengutip dari YouTube Mochamad Iriawan Official, Senin (23/11/2020).

“Pemain luar yang ingin masuk banyak sekali. Tapi, saya tetap memprioritaskan Anda. Oleh sebab itu, saya meminta kalian latihan yang maksimal,” lanjut mantan Kapolda Jawa Barat tersebut.

Elkan Baggott

(Elkan Baggott, pemain keturunan yang memiliki paspor Indonesia. Foto: PSSI)

Ketika Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Kroasia, tercatat ada empat pemain keturunan yang berlatih bersama skuad Garuda Nusantara. Mereka ialah Elkan Baggott (bek, Inggris-Indonesia), Jack Brown (penyerang, Inggris-Indonesia), Kelana Mahessa (gelandang, Jerman-Indonesia) dan Luah Mahessa (gelandang, Jerman-Indonesia).

BACA JUGA: Motivasi Pemain Timnas Indonesia U-19, Ketum PSSI Singgung Pelatih Arab yang Dipecat

Dari nama-nama di atas, cuma Jack Brown dan Elkan Baggott yang memiliki paspor Indonesia. Sementara Kelana dan Luah, saat ini masih memegang paspor Jerman.

Ketika Timnas Indonesia U-19 pulang dari Kroasia pada Selasa 27 Oktober 2020, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengatakan pada TC Timnas Indonesia U-19 selanjutnya di luar negeri, akan ada lima pemain keturunan tambahan.

Timnas Indonesia U-19

Dalam pengakuan Indra Sjafri, PSSI sudah memantau 30 nama pemain keturunan. Dari jumlah tersebut,setidaknya akan diambil tujuh nama.

Dari tujuh nama itu, dua pesepakbola di antaranya sudah turun saat Timnas Indonesia U-19 menang 4-0 atas Hajduk Split. Dua nama yang dimaksud adalah Kelana dan Luah Mahessa.

Menarik menanti siapa saja nama lima pemain keturunan tambahan yang ikut bergabung bersama Timnas Indonesia U-19. Peluang terbesar, daftar pemain keturunan kemungkinan didominasi gelandang. Sebab, Shin Tae-yong sempat mengungkapkan kurang puas dengan kinerja lini tengah timnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini