Motivasi Pemain Timnas Indonesia U-19, Ketum PSSI Singgung Pelatih Arab yang Dipecat

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 23 November 2020 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 51 2314684 motivasi-pemain-timnas-indonesia-u-19-ketum-pssi-singgung-pelatih-arab-yang-dipecat-8uZxhYjDJE.jpg Ketum PSSI Mochamad Iriawan saat berjalan di hadapan pemain-pemain Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, rutin mengunjungi skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 yang sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta. Tidak hanya mengunjungi, mantan Kapolda Jawa Barat ini juga memotivasi David Maulana dan kawan-kawan.

Salah satu cara Iwan Bule –sapaan akrab Iriawan– memotivasi pemain Timnas Indonesia U-19 adalah dengan menghadirkan kenangan manis ketika skuad Garuda Nusantara dua bulan menjalani TC di Kroasia.

Timnas Indonesia U-19

“Ada tim yang baru saja 9 kali menang beruntun, tapi dilibas sama kalian. Arab Saudi sudah menang 3-0 dan kemudian kalian tahan draw 3-3, sampai pelatihnya dipecat. Mainkan itu,” kata Iriawan, Okezone mengutip dari YouTube Mochamad Iriawan Offical, Senin (23/11/2020).

Ketika di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 sempat menghajar salah satu tim raksasa tuan rumah, Hajduk Split. Sebelum bertemu Indonesia U-19, Hajduk Split baru saja memenangkan sembilan pertandingan beruntun di Liga Kroasia U-19.

Timnas Indonesia U-19

Namun, ketika dihadapkan skuad asuhan Shin Tae-yong, Hajduk Split dihajar 0-4! Saat itu, gol-gol Timnas Indonesia U-19 dilesakkan Bagas Kaffa, Pratama Arhan, Beckham Putra dan Jack Brown.

BACA JUGA: Disiplin Ketat, Pemain Timnas Indonesia U-19 Dilarang Makan Pecel Lele

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 bertemu Arab Saudi pada 11 September 2020 di Sveti Martin na Muri. Sebenarnya, Timnas Indonesia U-19 sempat tertinggal 0-3 lebih dulu dari kampiun Piala Asia U-19 2018 yang digelar di Tanah Air tersebut.

Namun, lewat perjuangan maksimal, skuad Timnas Indonesia U-19 sanggup memaksa skor 3-3 lewat gol-gol yang dilesakkan Irfan Jauhari, Saddam Gaffar dan Braif Fatari. Kelar pertandingan, Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) memutuskan memecat sang pelatih, Damien Hertog.

Timnas Indonesia U-19

Keputusan itu diambil karena selama menjalani pemusatan latihan di Kroasia, Arab Saudi gagal meraih kemenangan. Sebelum bermain 3-3 dengan Indonesia, Arab Saudi tumbang 3-4 dari Kroasia dan dikalahkan Bulgaria 2-3. Bukan tak mungkin jika menang atas Indonesia. Damien Hertog tidak dipecat SAFF.

"Federasi Sepakbola Arab Saudi sepakat mengakhiri kerja sama dengan Damien Hertog, yang sebelumnya juga akan mengawasi Timnas U-19 untuk Piala Asia U19 2020 yang digelar di Uzbekistan pada Oktober 2020 (kemudian ditunda hingga 3-20 Maret 2021),” ujar pernyataan di laman resmi SAFF.

Setelah menjalani TC di Jakarta, ada dua negara yang dapat dijadikan tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Kedua negara yang dimaksud adalah Spanyol dan Korea Selatan. Hanya saja, Iriawan lebih condong membawa Timnas Indonesia U-19 berlatih ke Spanyol ketimbang Korea Selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini