Guardiola Sesalkan Gol Pertama Tottenham ke Gawang Man City

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 22 November 2020 05:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 45 2313802 guardiola-sesalkan-gol-pertama-tottenham-ke-gawang-man-city-icqYi8EzR0.JPG Pep Guardiola menunduk lesu (Foto: Reuters/Neil Hall)

LONDON – Pil pahit harus ditelan Manchester City pada pekan kesembilan Liga Inggris 2020-2021. Pasalnya, Gabriel Jesus dan kawan-kawan tumbang dengan skor 0-2 dari Tottenham Hotspur pada laga tandang di London. Manajer Josep ‘Pep’ Guardiola menyesalkan terjadinya gol pertama tuan rumah.

Tim tamu bertekad meraih angka penuh demi segera merangsek ke papan atas. Sebelum pertandingan, Tottenham Hotspur berada di peringkat empat dengan nilai 17 dari delapan laga. Sementara itu, Manchester City masih di peringkat 10 dengan nilai 12, tetapi memiliki satu tabungan pertandingan.

Keinginan merangsek ke atas membuat The Citizens bermain menyerang sejak awal. Akan tetapi, pertahanan mereka terlalu terbuka sehingga bisa dimanfaatkan oleh Tottenham Hotspur untuk mencuri dua gol lewat serangan balik.

Baca juga: Puncaki Klasemen, Mourinho Tepis Tottenham Hotspur Bidik Gelar Juara

Son Heung-min buka keunggulan (Foto: Reuters/Neil Hall)

Kedua gol itu dihasilkan pada masing-masing babak, yakni menit lima oleh Son Heung-min dan menit 65 lewat kaki Giovani Lo Celso. Gol pertama yang terjadi pada menit-menit awal itu sungguh disesalkan oleh Pep Guardiola.

“Seharusnya bisa lebih baik. Kami bermain seperti biasanya. Kami tidak bertahan dengan baik saat terjadinya gol pertama. Kemudian, lawan bertahan sangat dalam dan itu tidak mudah,” urai Pep Guardiola, dikutip dari BBC, Minggu (22/11/2020).

“Kami tahu sejak sebelum pertandingan, Anda tidak bisa memberi mereka kesempatan mencetak gol pertama. Kami punya lebih banyak kesempatan, tetapi kami harus kalah,” sesal pria asal Spanyol itu lagi.

Pertahanan rapat sambil sesekali melancarkan serangan balik mematikan memang sudah menjadi ciri khas dari permainan skuad asuhan Jose Mourinho. Pep Guardiola sadar betul dengan fakta tersebut sehingga sangat kecewa karena kurang efektif dalam memanfaatkan secuil peluang.

“Kami memiliki cukup banyak kesempatan, tetapi tidak bisa mencetak gol. Mereka membuat 2-3 kesempatan dalam serangan balik, dan kami kalah,” ucap Pep Guardiola.

“Tim-tim asuhan Mourinho memang seperti ini. Anda membuat kesalahan dan mereka menghukum lewat serangan balik,” tukas pria berusia 49 tahun itu.

Hasil negatif itu membuat Man City turun satu peringkat ke posisi 11. Sementara itu, Tottenham Hotspur mulai bisa menatap peluang menjadi juara Liga Inggris 2020-2021. Pasalnya, Harry Kane dan kawan-kawan kini nangkring di puncak klasemen dengan nilai 20 dari sembilan laga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini