Selain Ricky Yacobi, 2 Pemain Timnas Indonesia Ini Juga Pernah Bela Klub Jepang

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 49 2313539 selain-ricky-yacobi-2-pemain-timnas-indonesia-ini-juga-pernah-bela-klub-jepang-Mh69LI0Icp.jpg Ricky Yacobi pernah main di Liga Jepang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pesepakbola legenda Timnas Indonesia, Ricky Yacobi, meninggal dunia pada Sabtu (21/11/2020) pagi WIB. Pria 57 tahun ini meninggal dunia karena diduga terkena serangan jantung ketika bermain sepakbola di lapangan A Senayan, Jakarta Pusat.

Sebenarnya, Ricky Yacobi sempat dilarikan ke rumah sakit Mintoharjo. Sayangnya, nyawa pemain yang membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1987 itu tidak terselamatkan.

Ricky Yakobi

(Ricky Yacobi saat turun di laga eksebisi pagi tadi. Foto: Medan Selection)

Selain bersinar bersama Timnas Indonesia, Ricky Yacobi juga mentereng di level klub. Selain membawa PSMS Medan juara Perserikatan 1983 dan 1985, Ricky Yacobi juga pernah mengantarkan Arseto Solo juara Galatama 1987.

Mentereng bersama klub dan tim nasional, membuat Ricky Yacobi diboyong klub asal Jepang, Matsushita, pada 1988. Matshushita bisa dibilang salah satu klub teras Jepang.

BACA JUGA: Penggawa Timnas Indonesia Ricky Yacobi Meninggal Dunia

Sebab, Matsushita saat ini sudah berganti nama menjadi Gamba Osaka pada 1991. Gamba Osaka tercatat dua kali menjadi kampiun Liga Jepang pada 2005 dan 2014. Bahkan pada 2008, mereka keluar sebagai kampiun Liga Champions Asia!

Hanya saja, karena kendala cuaca, Ricky Yacobi kesulitan bersinar. Dari enam pertandingan bersama Matsushita, Ricky Yacobi mengoleksi satu gol. Kesuksesan Ricky Yacobi menjadi pesepakbola pertama Indonesia yang merumput di Jepang, diikuti pemain-pemain Tanah Air lain.

Irfan Bachdim

(Irfan Bachim pernah bela klub Jepang)

Tercatat ada dua pesepakbola Indonesia yang pernah bermain klub asal Jepang, yakni Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly. Irfan Bachdim sempat berseragam Ventrofet Kofu dan Consadole Sapporo.

Irfan Bachdim mengoleksi satu assist dari 10 penampilan bersama Ventrofet Kofu. Sementara bersama Ventrofet Kofu, Irfan Bachdim cuma turun dalam dua laga. Bagaimana dengan Lilipaly? Ia mengoleksi satu assist dari satu laga bersama Consadole Sapporo.

Selamat tinggal Ricky Yacobi, sumbangsih Anda untuk kemajuan sepakbola Indonesia takkan pernah terlupa!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini