Ketum PSSI Sindir Pemain Timnas Indonesia U-19 soal Uang, Ada Apa?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 51 2312946 ketum-pssi-sindir-pemain-timnas-indonesia-u-19-soal-uang-ada-apa-LKOlPaNx2O.jpg Ketum PSSI Mochamad Iriawan saat berjalan di hadapan pemain-pemain Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, beberapa hari yang lalu menyambangi markas latihan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 yang digelar di Stadion Madya, Jakarta. Dalam kunjungan itu, mantan Kapolda Jawa Barat tersebut mengingatkan David Maulana dan kawan-kawan soal uang.

Lantas, uang apa yang dimaksud Iriawan? Iwan Bule -sapaan akrab Iriawan- meminta pemain Timnas Indonesia U-19 untuk berlatih sungguh-sungguh. Sebab, semua pembiayaan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 menggunakan uang rakyat, yang mana dibiayai lewat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Iwan Bule

"Ingat, uang yang kalian gunakan ini dari rakyat. Jadi harus serius. Jangan main-main. Kalau main-main nanti dicoret," tegas Iriawan, mengutip dari laman resmi PSSI, Jumat (20/11/2020).

Dua ajang besar menanti Timnas Indonesia U-19 tahun depan. Setelah turun di Piala Asia U-19 pada 3-20 Maret di Uzbekistan, skuad Garuda Nusantara akan mentas di Piala Dunia U-20 yang dilangsungkan di Tanah Air pada 20 Mei sampai 12 Juni 2021.

Timnas Indonesia U-19

Karena itu, demi mendapatkan hasil maksimal, pemerintah tidak tanggung-tanggung membantu persiapan Timnas Indonesia U-19, dalam hal ini masalah pembiayaan. Tak heran, baru-baru ini Timnas Indonesia U-19 dua bulan lamanya berlatih di Kroasia.

BACA JUGA: Waktunya Timnas Indonesia U-19 Hadang Kekuatan Asia Timur?

Selama di Kroasia, hasil yang didapatkan Witan Sulaeman dan kawan-kawan cukup impresif. Dari 11 pertandingan, Timnas Indonesia U-19 menang lima kali, seri tiga kali dan kalah tiga kali.

Bahkan sejumlah kemenangan didapat skuad Garuda Nusantara dengan skor meyakinkan. Sebut saja saat menghajar Hajduk Split 4-0 dan ketika melibas Makedonia Utara 4-1.

Timnas Indonesia U-19

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia U-19 kembali menjalani pemusatan latihan di luar negeri. Spanyol dan Korea Selatan menjadi dua pilihan yang dituju skuad Timnas Indonesia U-19 racikan Shin Tae-yong.

"Semangat seluruh pemain luar biasa. Mudah-mudahan mereka terus konsisten dan untuk pemain baru yang dipanggil TC Timnas U-19 kali ini, bisa menyesuaikan dan cepat beradaptasi. Mereka mau mengejar yang lain ya harus latihan dengan kerja keras," lanjut Iriawan.

Saat ini sebanyak 37 pemain (minus Beckham Putra yang cedera) menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta. Rencananya, pemusatan latihan digelar dari 16-23 November 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini