6 Klub Sepakbola Indonesia Peroleh Lisensi AFC, Persija Tak Dapat

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 49 2313167 6-klub-sepakbola-indonesia-peroleh-lisensi-afc-persija-tak-dapat-5Dsvuf3j9f.jpg Simbolisasi pemberian Lisensi Klub AFC. (Foto/PSSI)

JAKARTA – Sebanyak enam klub Indonesia mendapatkan Club Licensing Cycle atau Lisensi dari Federasi Sepakbola Asia (AFC). Di antara keenam klub tersebut, tidak ada nama Persija Jakarta.

Mengutip laman PSSI, Jumat (20/11/2020) AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepakbola. Lisensi profesional ini diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepakbola.

Foto/PSSI

Selain acuan standar profesional, Lisensi Klub AFC juga suatu syarat sebuah klub sepakbola untuk dapat berpartisipasi di kompetisi di resmi AFC. Dua di antaranya adalah Liga Champions Asia dan AFC Cup (Piala AFC).

Baca juga: Kompetisi Liga 1 2020-2021 Tak Jelas, Pelatih Persib Kebingungan

Ada lima kriteria dalam menentukan klub mana yang berhak mendapatkan Lisensi AFC. Kelima aspek tersebut mencakup sporting (olaharaga), infrastructure (infrastruktur), personnel serta administration (administrasi), legal (hukum), dan finance (keuangan).

PSSI menjelaskan bahwa pada tahun ini, seluruh klub peserta Liga 1 2020 mengajukan proses untuk mendapatkan Lisensi Klub AFC. Namun, PSSI melalui rapat Club Licensing Committee memutuskan hanya enam klub yang mendapatkan lisensi.

Keenam klub tersebut Bali United, Persipura Jayapura. Selanjutnya Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

"PSSI ke depan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2," kata Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Foto/Persib Bandung

"Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepakbola.”

“Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini