Pertama Kali, Josep Guardiola Melatih Klub Hingga Tujuh Musim

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 01:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 45 2312721 pertama-kali-josep-guardiola-melatih-klub-hingga-tujuh-musim-MtDaMnUfDw.jpg Josep Guardiola (Foto: Reuters)

MANCHESTER Josep Guardiola telah menandatangani kontrak baru dengan Manchester City. Kontrak baru membuat juru taktik asal Spanyol itu akan bertahan di Etihad Stadium hingga 30 Juni 2023.

Man City pun menjadi klub pertama yang dilatih Guardiola selama tujuh musim. Sebelumnya, empat musim adalah waktu terlama bagi Guardiola untuk berdiam diri di satu klub. Klub yang dilatih Guardiola selama empat musim itu, adalah Barcelona.

Josep Guardiola (Foto: Premier League)

Guardiola dan Barcelona memilliki kisah romantis. Sebab, dia merupakan jebolan akademi La Masia. Setelah bermain untuk tim senior pada 1991, Guardiola bertahan selama 10 musim sebelum pindah ke Brescia. Perjalanan kariernya membawa Guardiola pensiun di klub Meksiko, Dorados de Sinola, pada 2007.

Setelah pensiun, Guardiola menjadi pelati Barcelona B pada musim 2007-2008. Semusim menukangi Barcelona B, Guardiola naik ke tim utama menggantikan Frank Rijkard.

BACA JUGA: Guardiola Perpanjang Kontrak, Tanda Lionel Messi ke Man City Makin Jelas

Selama empat musim di Camp Nou, Guardiola membawa Barcelona ke masa kejayaannya. Guardiola meraih 14 trofi bergengsi, baik di kompetisi domestik Spanyol maupun Eropa.

Guardiola berpisah dengan Barcelona pada akhir musim 2011-2012 untuk istirahat dari dunia kepelatihan selama setahun. Guardiola kembali melatih dengan menukangi Bayern Munich pada musim 2013-2014.

Guardiola menghabiskan tiga musim bersama Bayern dengan prestasi gemilang. Juru taktik berumur 49 tahun itu membawa Bayern meraih tujuh trofi. Guardiola sayangnya gagal menjadi juara Liga Champions bersama Bayern.

Setelah Bayern, Guardiola pun bergabung ke Man City pada musim 2016-2017 sebagai pengganti Manuel Pellegrini. Sejak bergabung, Guardiola sudah meraih delapan trofi domestik Inggris bersama Man City.

BACA JUGA: Guardiola Ungkap Alasan Perpanjang Kontrak di Man City

Karier Guardiola di Man City tampak cemerlang, tetapi sebenarnya masih ada kekurangan. Guardiola belum mampu membawa Man City menjadi raja di Liga Champions.

Keinginan meraih trofi Liga Champions, selain bersama Barcelona, mungkin mendorong Guardiola untuk menyetujui kontrak baru dari Man City. Lagi pula, jika Guardiola bisa juara Liga Champoins bersama Man City, namanya akan masuk dalam buku sejarah klub. Sebab, The Citizens –julukan Man City– belum pernah menjuarai Liga Champions.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini