Casillas Akui Masih Belum Terbiasa dengan Kehidupan Pasca Pensiun

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312340 casillas-akui-masih-belum-terbiasa-dengan-kehidupan-pasca-pensiun-oW9sjDK8tn.jpg Iker Casillas. (Foto: Twitter/IkerCasillas)

MADRID Iker Casillas telah memutuskan untuk pensiun pada Agustus 2020 kemarin. Casillas mengakhiri karier sepakbolanya di FC Porto dikarenakan penyakit jantung yang dideritanya.

Casillas mengaku sempat berpikir seribu kali untuk memutuskan untuk pensiun. Namun, pada akhirnya menggantung sepatunya alias pensiun ternyata adalah jawaban terbaik untuk masa depannya.

Sebab dengan penyakit jantung yang diderita pria asal Spanyol tersebut, ia dapat dipastikan tak bisa terus bermain menjadi seorang penjaga gawang. Casillas bahkan sempat dilarikan ke rumah sakit karena terkena serangan jantung saat melakoni sesi latihan bersama Porto pada Mei 2019 silam.

Baca Juga: Casillas Sudah Tak Sabar untuk Segera Kembali ke Real Madrid

Iker Casillas

Dengan berbagai pertimbangan itulah yang pada akhirnya membuat Casillas memutuskan untuk pensiun dari dunia yang sudah membesarkan namanya tersebut. Bagi Casillas, pensiun dikala dirinya masih yakin dapat terus bermain adalah suatu pilihan yang sangat berat.

Bahkan sampai saat ini Casillas mengaku masih belum terbiasa dengan kehidupan pasca pensiun. Ia masih belum bisa menikmati hanya bisa menonton pertandingan sepakbola dari layar televisinya. Ia masih memiliki keinginan untuk bermain di pertandingan tersebut.

“Sejujurnya, saya masih belum bisa menikmati menonton sebuah pertandingan sepakbola. Anda masih belum sepenuhnya menyadari bahwa ternyata sulit bagi seorang pemain untuk mengubah cara berpikir mereka,” cerita Casillas, dikutip dari Marca, Kamis (19/11/2020).

Awal-awal Casillas didiagnosa terkena penyakit jantung, ia mengaku sempat bernegosiasi dengan dokter apakah ia bisa terus bermain atau tidak. Pada saat itu, Casillas melihat ada rasa ketidakyakinan dari pihak dokter.

Tentunya Casillas langsung berpikir bahwa memang ia sudah tidak bisa lagi melanjutkan kariernya sebagai seorang kiper. Ia pun kini hanya bisa mengenang masa-masa indahnya sebagai pemain Real Madrid, Porto, dan Tim Nasional (Timnas) Spanyol. Ia sangat bersyukur dengan segala pencapaiannya selama ini.

"Ketika Anda mengalami cedera dan dokter merawat Anda dan memberi Anda perkiraan tanggal kembali, Anda tenang karena Anda tahu Anda akan kembali. Namun, letika Anda memiliki masalah ini (penyakit jantung) dan pertanyaan Anda adalah apakah Anda akan dapat kembali dan Anda melihat kurangnya kepercayaan di wajah mereka, hari-hari itu Anda mencoba mengubah apa yang Anda pikirkan,” kata Casillas, melansir dari Marca, Kamis (19/11/2020).

"Anda menunda mengatakan beberapa kali untuk mengatakan bahwa semuanya sudah cukup. Ini proses yang sangat besar sehingga sulit. Di Porto, dari sisi pandangan saya, saya bisa melihat akhirnya. Akhir-akhir ini saya sering bertanya-tanya, kenapa seperti itu? Tapi saya juga tahu saya adalah orang yang sangat beruntung. saya menoleh ke belakang (mengenang masa lalu) dan merasa bersyukur atas apa yang saya miliki,” tambahnya.

"Ini sulit karena Anda sadar bahwa Anda harus realistis dan melihat kemungkinan pensiun di depan mata. Anda tidak bisa menipu diri sendiri dalam situasi seperti itu,” tutup Casillas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini