Dihuni Sederet Pemain Bintang, Timnas Amerika Serikat Unjuk Gigi di Piala Dunia?

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 51 2308493 dihuni-sederet-pemain-bintang-timnas-amerika-serikat-unjuk-gigi-di-piala-dunia-Xk6vC6XqHT.JPG Sergino Dest (Foto: Laman Resmi Barcelona)

LOS ANGELES – Dalam dua dekade terakhir Amerika Serikat tengah berupaya keras memajukan sepakbola mereka. Olahraga yang pada awalnya kurang populer di Negeri Paman Sam itu pun lambat laun mulai berkembang dan kini digandrungi oleh masyarakat di sana.

Sebagai hasilnya, talenta-talenta muda yang menjanjikan pun mulai bermunculan. Dahulu, Amerika mungkin hanya memiliki London Donovan sebagai pesepakbola yang paling mentereng perjalanan kariernya. Akan tetapi, kini Amerika justru dipenuhi oleh banyak pemain muda berbakat.

Para pemain muda Amerika kini bahkan telah diakui oleh dunia. Sebagai buktinya, mereka mendapat kepercayaan untuk bergabung dengan klub-klub elite Eropa. Beruntungnya, para pemain ini tersebar di berbagai posisi.

Baca juga: Sering Dicadangkan di Man United, Van de Beek: Saya Orang yang Sabar

Chrisian Pulisic

Untuk pos penyerangan misalnya, terdapat nama Christian Pulisic yang saat ini membela Chelsea. Pada Januari 2019, Pulisic yang masih berusia 20 tahun ditebus Chelsea seharga 64 juta euro. Itu seolah menjadi tanda bahwa Pulisic merupakan talenta yang patut diperhitungkan.

Sebagai seorang winger, Pulisic memiliki kecepatan, kemampuan mengoper yang bagus, serta insting mencetak gol. Bisa dibilang, Pulisic adalah pemain yang mampu menjadi pembeda di saat-saat genting. Ia kini bahkan mendapat kepercayaan untuk mengenakan nomor punggung 10 di Chelsea.

Di posisi gelandang, terdapat Weston McKennie yang pada bursa transfer musim panas 2020 diboyong oleh Juventus. Meski McKennie pemain baru di kubu Bianconeri, namun ia sudah mendapat kepercayaan dari pelatih Andrea Pirlo untuk menjadi starter di banyak pertandingan.

Sementara itu, di lini pertahanan terdapat Sergino Dest yang baru saja diangkut Barcelona. Dest sebenarnya baru satu musim membela tim utama Ajax Amsterdam, yakni pada 2019-2020. Akan tetapi, performanya di posisi bek kanan langsung membuat Blaugrana jatuh hati dan lekas meminangya.

Selain ketiga nama tersebut, Amerika juga masih memiliki banyak talenta hebat lainnya. Mereka adalah Giovanni Reyna (Borussia Dortmund), Timothy Weah (Lille), Tyler Adams (RB Leipzig), Yunus Musah (Valencia), Chris Richards (Bayern Munich), serta Richard Ledezma (PSV).

Setelah gagal tampil di Piala Dunia 2018, Amerika kini benar-benar berbenah mempersiapkan diri untuk turnamen berikutnya. Dengan munculnya nama-nama hebat tersebut, bukan tak mungkin Amerika bakal membuat kejutan di Piala Dunia 2022.

Weston McKennie

Apalagi, ketika turnamen tersebut dihelat, para pemain muda ini sudah semakin matang dengan pengalaman dan jam terbang yang mereka dapatkan selama berkompetisi di Eropa. Ini tentunya juga bakal mengangkat mental bertanding para pemain di level internasional.

Meski begitu, puncak dari generasi emas Timnas Amerika Serikat mungkin baru dapat disaksikan dalam gelaran Piala Dunia 2026. Apalagi, Amerika sendiri yang akan menjadi tuan rumah gelaran tersebut bersama dengan Meksiko dan Kanada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini