Ronaldinho Sebut 3 Nama Pesepakbola yang Lebih Hebat ketimbang Messi, Ada Ronaldo

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 09 November 2020 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 51 2306435 ronaldinho-sebut-3-nama-pesepakbola-yang-lebih-hebat-ketimbang-messi-ada-ronaldo-OPJIGuU6eK.jpg Lionel Messi, legenda hidup Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

SAO PAULO – Pesepakbola legenda asal Brasil, Ronaldinho Gaucho, menyebut tiga pesepakbola yang lebih hebat ketimbang megabintang Barcelona, Lionel Messi. Dari tiga nama yang disebut Ronaldinho, muncul nama Ronaldo.

Namun, Ronaldo yang dimaksud Ronaldinho bukanlah rival abadi Lionel Messi saat ini, Cristiano Ronaldo. Ronaldo yang dimaksud Ronaldinho adalah pesepakbola legenda yang membantu Tim Nasional Brasil juara Piala Dunia 1994 dan 2002, Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Ronaldinho Gaucho

(Ronaldinho dan Messi saat bekerja sama di Barcelona)

“Saya tidak suka membandingkan antara pemain satu dengan yang lain. Saya sulit mengatakan Messi sebagai yang terbaik sepanjang masa,” kata Ronaldinho mengutip dari Sportskeeda, Senin (9/11/2020).

“Ada tiga pemain yang saya nilai lebih hebat dari Messi, yakni Diego Maradona, Pele dan Ronaldo. Sulit mengatakan Messi yang terbaik sepanjang sejarah sepakbola. Saya hanya bisa mengatakan Messi adalah yang terbaik di masanya,” lanjut Ronaldinho.

Ronaldinho dan Lionel Messi sempat bahu-membahu di tim senior Barcelona dari 2004-2008. Bisa dibilang, Ronaldinho memiliki peranan atas karier brilian yang dimiliki La Pulga –julukan Lionel Messi.

BACA JUGA: Lionel Messi Lagi-Lagi Cetak Gol Penalti, Netizen: Panggil Dia Pessi!

Meski Lionel Messi berasal dari Argentina yang notabene rival abadi Brasil –negara Ronaldinho, Ronaldinho tidak canggung mengajari Lionel Messi sejumlah teknik mengolah si kulit bulat. Ronaldinho yang pada pertengahan 2000-an berstatus salah satu pemain terbaik dunia, sama sekali tidak sombong kepada Lionel Messi yang baru merintis karier.

Ketika Ronaldinho memutuskan meninggalkan Barcelona pada musim panas 2008, sejumlah warisan yang dimiliki pesepakbola asal Brasil itu diberikan kepada Lionel Messi. Salah satu warisan atau peninggalan Ronaldinho yang diberikan kepada Lionel Messi adalah nomor punggung 10.

Semenjak menggunakan nomor punggung 10, ketajaman Lionel Messi bersama Barcelona meningkat. Pertama sejak membela tim senior pada 2004-2005, Lionel Messi menembus barier 30 gol per musim.

Di musim 2008-2009 Lionel Messi mengoleksi 38 gol dari 51 pertandingan. Jumlah itu naik lebih dari dua kali lipat ketimbang musim sebelumnya, yang mana hanya mengoleksi 16 gol. Seiring berjalannya waktu, rekor demi rekor dipecahkan Lionel Messi bersama Barcelona.

Lionel Messi

Lionel Messi tercatat sebagai pemain dengan koleksi trofi terbanyak bersama Barcelona, yakni 34 gelar. Selain itu, La Pulga juga tercatat sebagai top skor sepanjang masa Barcelona dengan koleksi 640 gol dari 741 pertandingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini