Mandulnya Aubameyang Bukan karena Posisi Bermain, tapi Performa Arsenal

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 09 November 2020 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 45 2306757 mandulnya-aubameyang-bukan-karena-posisi-bermain-tapi-performa-arsenal-BO7Ab5NQ9D.jpg Pierre-Emerick Aubameyang (Foto: Andy Rain/REUTERS)

LONDON – Manajer Arsenal, Mikel Arteta, kembali memberikan komentar soal keputusannya memainkan Pierre-Emerick Aubameyang sebagai winger kiri. Arteta kembali menegaskan pergeseran posisi tersebut bukan jadi alasan menurunnya ketajaman Aubameyang bersama Arsenal di musim 2020-2021.

Sebagaimana diketahui, Aubameyang memang langsung menjadi mesin gol Arsenal sejak kedatangannya dari Borussia Dortmund pada Januari 2018. Bahkan dalam beberapa musim terakhir, Aubameyang jadi satu-satunya pemain Arsenal yang mampu mencetak lebih dari 20 gol.

Akan tetapi pada musim 2020-2021, ketajaman Aubameyang mengalami penurunan yang drastis. Bagaimana tidak, Aubameyang baru mampu menyumbangkan tiga gol dari delapan penampilannya bersama klub asal London Utara tersebut musim ini.

Pierre-Emerick Aubameyangs

Penurunan ketajaman Aubameyan bersama Arsenal pun mendapatkan analisis dari pengamat. Salah satu faktor yang disebut-sebut jadi alasan utama penurunan ketajaman Aubameyang bersama Arsenal adalah pergeseran posisi.

Baca Juga: Arteta Kecewa Berat Lihat Performa Arsenal saat Dibantai Villa

Bahkan pada saat Arsenal dibantai Aston Villa 0-3 dalam lanjutan Liga Inggris 2020-2012, terlihat betul Aubameyang kesulitan untuk bisa membahayakan pertahanan lawan dari posisinya sebagai winger kiri. Maka dari itu, Arteta dituntut untuk bisa mengembalikan Aubameyang sebagai penyerang tengah.

Arteta pun lantas memberikan jawaban soal keputusannya untuk terus memainkan Aubameyang sedikit melebar di sisi kiri lini depan Arsenal. Arteta tidak merasa ada yang salah akan keputusannya tersebut, hanya penurunan ketajaman Aubameyang didasari oleh performa pemain Arsenal lainnya.

“Tim berfungsi secara kolektif, bahwa kami harus tampil lebih baik lagi. Kami jelas bisa menciptakan beberapa situasi berbahaya, tapi sentuhan akhirnya masih harus kami kembangkan,” jelas Arteta, seperti disadur dari Football London, Senin (9/11/2020).

“Juga soal pemilihan posisi dan pergerakan Aubameyang, dan di mana kami bisa menemukannya. Tentu saja kita bisa bicara soal apakah posisi itu tepat atau tidak untuk dia, tapi ketika segalanya berjalan baik dan dia mencetak gol, perdebatan ini tidak pernah ada,” sambungnya.

Baca Juga: Usai Dibantai Villa, Arteta Akui Arsenal Kurang Kreativitas

“Akan tetapi, satu yang pasti adalah jumlah gol kami, dengan gol seminim ini mustahil bersaing dengan tim-tim top, jadi kami harus menjaga jumlah kebobolan kami, dan tentu harus meningkatkan gol kami,” imbuh pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut.

Kekalahan Arsenal dari Villa pun memaksa mereka harus gagal memperbaiki posisinya pada klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021. Kini The Gunners –julukan Arsenal– masih terpaku di posisi ke-11 dengan raihan 12 poin dari 8 pertandingan yang sudah mereka mainkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini