3 Penyerang Keturunan Ini Dapat Perkuat Daya Dobrak Timnas Indonesia U-19

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 51 2304523 3-penyerang-keturunan-ini-dapat-perkuat-daya-dobrak-timnas-indonesia-u-19-lYFSBetaQ7.jpg Jim Croque saat membela Vittesse U-18. (Foto: Instagram/@j.croque9)

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong, tidak malu untuk menggunakan pemain keturunan di skuadnya. Selama menangani Timnas Indonesia U-19, setidaknya ada empat keturunan yang pernah dan masih memperkuat skuad Garuda Nusantara.

Mereka ialah Elkan Baggott (Indonesia-Inggris), Jack Brown (Indonesia-Inggris), Kelana Mahessa (Indonesia-Jerman) dan Luah Mahessa (Indonesia-Jerman). Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, ketika Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan tatap muka, akan ada lima pemain keturunan tambahan yang dipanggil.

Elkan Baggott

(Elkan Baggott, bek keturunan Indonesia-Inggris)

“Ada 30 pemain yang kami lihat, bagaimana cara melihatnya, satu kami lihat CV-nya, yang kedua setelah CV oke kami lempar ke bagian legal PSSI apakah secara UU no 12 oke atau statuta FIFA memungkinkan, kalau itu memungkinkan kami lihat videonya,” kata Indra Sjafri.

“Setelah itu, kami diskusikan dengan Shin Tae-yong, maka muncul tujuh nama. Tujuh nama itu kami lempar ke pak Ketum, dan pak Ketum memberikan sinyal silakan melakukan pendekatan dari tujuh itu dua sudah datang dari Jerman (kelana dan Luah) yang mana berkualitas itu coach Shin Tae-yong yang menjelaskan apakah dia terpilih atau tidak,” ujar mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 tersebut.

Bukan tak mungkin dari lima nama anyar yang dipanggil, beberapa di antaranya berstatus sebagai penyerang. Sebab, penyerang-penyerang lokal Timnas Indonesia U-19 tak ada yang unjuk gigi selama pemusatan latihan di Kroasia.

BACA JUGA: Minus Elkan Baggott, TC Timnas Indonesia U-19 Diikuti 33 Pemain

Braif Fatari, Irfan Jauhari dan Saddam Gaffar masing-masing hanya mengemas dua gol. Sementara Bahril Fahreza gagal mencetak satu gol pun. Karena itu, bukan tak mungkin pelatih Shin Tae-yong memanggil penyerang blasteran untuk mempertajam skuad Timnas Indonesia U-19 yang bersiap tampil di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

Berikut pemain keturunan yang dapat membela Timnas Indonesia U-19:

3. Jim Croque

Jim Croque

(Jim Croque saat membela tim junior Vitesse)

Jim Croque merupakan pemain muda keturunan Indonesia-Belanda. Ia bisa menjadi harapan besar untuk masa depan skuad Garuda. Saat ini, ia berusia 16 tahun dan tengah memperkuat klub asal Belanda yakni Vitesse Arnhem U-18.

Hanya saja, Croque masih terkendala dengan paspor Indonesia yang saat ini belum ia miliki. Karena itu, rasanya masih sulit melihat Jim Croque membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat. Meski begitu, demi kepentingan negara, proses Jim Croque mendapatkan paspor Indonesia bisa dipercepat.

2. Noah Gesser

Noah Gesser

Soal ketajaman jangan ragukan kualitas Noah Gesser. Penyerang 15 tahun ini merupakan top skor akademi Ajax Amsterdam yang terbentang dari tim U-15 hingga U-23. Sejauh ini, penyerang berdarah Jawa ini mengoleksi 11 gol untuk Ajax Amsterdam U-16.

Jika benar dipanggil ke Timnas Indonesia U-19, Noah Gesser merupakan tenaga tambahan yang sangat berarti. Kecepatan Noah Gesser dibutuhkan Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi lawan-lawan bertubuh besar di Piala Dunia U-20 2021.

1. Jack Brown

Jack Brown

Nama Jack Brown sudah tidak asing lagi di telinga pencinta sepakbola Tanah Air. Sebab, pemain 18 tahun ini sudah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 yang diadakan di Kroasia dari akhir Agustus hingga Oktober 2020.

Cedera engkel memang sempat menghambat performa mantan pemain Lincoln City tersebut. Namun, ketika pulih dari cedera, pemain yang mengenakan nomor 10 bersama Timnas Indonesia U-19 tampil menggila.

Tampil dalam lima pertandingan, Jack Brown mengoleksi tiga gol! Karena itu, Jack Brown dapat dijadikan senjata rahasia bagi Timnas Indonesia U-19. Jika tidak turun dari awal laga, Jack Brown dapat dimainkan dari bangku cadangan, yang mana dirinya kerap muncul sebagai supersub.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini