Selain Bagus Kahfi, Ini Penggawa Timnas Indonesia U-19 yang Main di Luar Negeri

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2020 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 51 2301860 selain-bagus-kahfi-ini-penggawa-timnas-indonesia-u-19-yang-main-di-luar-negeri-L7xGmgzkhl.jpg Amiruddin Bagus Kahfi (Foto: Instagram/@baguskahfiii)

AMIRUDDIN Bagus Kahfi kemungkinan besar akan bergabung ke FC Utrecht dalam waktu dekat ini. Kabar itu merupakan berita gembira karena Bagus bisa mengembangkan bakatnya di Eropa.

Namun, Bagus bukan pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 pertama yang menimba ilmu sepakbola di luar negeri. Tercatat ada lima pemain muda lain yang menimba ilmu sepakbola di Eropa, yakni Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Kelana Mahessa, Luah Mahessa, dan Khairul Imam Zakiri.

Amiruddin Bagus Kahfi (Foto: Okezone/Ramdani Bur)

Witan bermain untuk klub Serbia, Radnik Surdulika, sejak 10 Februari 2020. Witan dibeli Radnik dengan gratis dari PSIM Yogyakarta. Pemain berumur 19 tahun itu sudah dua kali tampil untuk Radnik, tetapi belum mencetak gol maupun assist.

Jika Witan bermain di Eropa Tengah, Elkan Baggott memilih untuk mengembangkan bakatnya di Eropa Barat bersama klub Inggris, Ipswich Town. Pemain berpostur 194 cm itu baru tampil sekali untuk Ipswich Town di ajang Piala EFL 2020-2021.

Sama seperti Elkan Baggot, Mahessa bersaudara, juga memilih Eropa Barat sebagai tempat bermain sepakbola. Kelana dan Luah bermain untuk klub Jerman, Bonner SC. Meski begitu, mereka belum pernah tampil untuk tim senior Bonner.

BACA JUGA: Joseph Simatupang, Pemain Blackburn yang Berpeluang Bela Timnas Indonesia U-19

Kemudian, Imam Zakiri menimba ilmu sepakbola di Spanyol sejak 2016. Ia pernah berseragam Real Valladolid, Leganes, dan teranyar Gymnastica Cueta. Imam Zakiri dikontrak selam lima bulah oleh Gymnastica Cueta dan telah menjalani 14 pertandingan.

Setiap pemain yang bermain di luar negeri diharapkan bisa lebih berkontribusi untuk Timnas Indonesia U-19. Semakin tinggi kualitas para pemain berbanding lurus dengan besarnya peluang Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19– mengukir prestasi di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 pada tahun depan.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini