Gilles Joannes, Pemain Keturunan yang Masuk Rencana Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-19

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 51 2300992 gilles-joannes-pemain-keturunan-yang-masuk-rencana-shin-tae-yong-untuk-timnas-indonesia-u-19-IMDGVi1xpm.jpg Gilles Joannes bisa jadi opsi untuk pemain keturunan di Timnas Indonesia U-19 (Foto: Instagram)

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 baru saja kembali dari pemusatan latihan di Kroasia yang berlangsung sejak akhir Agustus 2020. Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong pun telah memiliki beberapa hal yang akan dievaluasinya dari pemusatan latihan yang berlangsung hampir dua bulan lamanya.

Salah satunya adalah mengenai jumlah pemain keturunan yang akan mengisi skuad Garuda Nusantara. Pelatih asal Korea Selatan itu disebut telah memiliki rencana untuk mengincar beberapa nama lagi sebelum mengesahkan timnya untuk Piala Asia U-19 yang berlangsung medio Februari 2021.

"Untuk jumlah calon pemain naturalisasi saat ini ada sembilan. Dari sembilan pemain itu dua di antaranya sudah ikut berlatih bersama kami sementara sisanya masih menunggu," kata Shin Tae-yong setibanya di Indonesia.

"Beberapa pemain yang ada saat ini mungkin akan digantikan. Tapi kami masih sulit untuk melakukan seleksi karena liga (kompetisi) yang belum bergulir," lanjut Shin Tae-yong.

Baca juga: Banyak Pemain Keturunan di Timnas U-19, David Maulana: Bagus untuk Persaingan Antar-Permain

Dari rencana tersebut, satu persatu nama pun muncul, termasuk pemain keturunan Indonesia yang berkiprah di Eropa, Gilles Joannes. Gilles sendiri adalah pesepak bola keturunan Indo-Belanda yang saat ini aktif merumput bersama NAC Breda U-18.

Pemain kelahiran 7 Maret 2003 itu diketahui bermain di posisi gelandang. Klub yang diperkuat Gilles saat ini berkompetisi di Liga Belanda Junior atau yang bernama U-18 Div. 2 Fall.

Memiliki postur tubuh yang mumpuni, Gilles menjadi gelandang jangkar yang memiliki keunggulan dalam hal duel udara. Ia juga terbiasa bermain menjaga kedalaman dan mengatur tempo permainan.

Dengan kelebihan yang dimiliki, bukan tak mungkin Shin Tae-yong akan memanggilnya untuk mengisi lini tengah skuad Garuda Nusantara. Kehadiran Gilles diyakini bisa menjadi jawaban dari kekurangan pemain area tengah yang sempat disampaikan pelatih 50 tahun itu.

Kelana Mahessa

(Kelana Mahessa, pemain keturunan Indonesia-Jerman yang biasa mentas di lini tengah)

“Di posisi gelandang Shin mengatakan masih akan mencari pemain yang mumpuni,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat menyambut kehadiran Timnas Indonesia U-19 di Jakarta.

Shin Tae-yong sendiri sejauh ini sudah memanggil empat pemain keturunan. Keempat pemain tersebut adalah Elkan Baggott, Jack Brown, Kelana Mahessa, dan Luah Mahessa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini