PSSI dan Shin Tae-yong Siap Berburu Pemain Keturunan hingga ke Belanda

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 51 2300708 pssi-dan-shin-tae-yong-siap-berburu-pemain-keturunan-hingga-ke-belanda-HleJvQ3oTz.jpg Jack Brown (tengah) melakukan selebrasi (Foto: PSSI)

JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 baru saja menyelesaikan pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Salah satu yang menjadi sorotan selama proses TC adalah dipanggilnya sejumlah pemain keturunan untuk ikut membela Garuda Muda.

Hasilnya bisa dibilang cukup memuaskan. Nama-nama seperti Elkan Baggott, Jack Brown, hingga Kelana Noah Mahessa berhasil membuat Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan pujian.

Maka dari itu, untuk TC Timnas Indonesia U-19 berikutnya, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, memilih Belanda sebagai destinasi. Pasalnya, di Negeri Kincir Angin tersebut terdapat banyak pemain yang masih berdarah Indonesia.

Baca juga: Timnas Indonesia U-19 Kurang Pemain Top di Posisi Gelandang, Siapa Dicoret?

Kelana Noah Mahessa

“Kenapa kami memilih Belanda (sebagai tempat TC Timnas Indonesia U-19 selanjutnya)? Di sana banyak tim bagus dan mereka juga rangking dua FIFA. Kedua, di sana banyak pemain berdarah Indonesia, jadi bisa sekalian,” ujar Iriawan saat menyambut kedatangan Timnas Indonesia U-19 dari Kroasia.

Kendati demikian, Iriawan akan menyerahkan proses seleksi kepada Shin Tae-yong dan juga Direktur Teknis Timnas Indonesia, Indra Sjafri. Karena biar bagaimanapun, Shin Tae-yong adalah orang yang paling berwenang dalam memilih pemain untuk timnya.

Shin Tae-yong sendiri sangat membuka kesempatan bagi para pemain keturunan untuk membela Indonesia. Sebagai contohnya bisa dilihat ketika pemanggilan Kelana dan Luah Fynn Jeremy Mahesa.

Kedua pemain tersebut sebenarnya tidak dipanggil dari awal TC untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-19. Akan tetapi, karena lokasi TC di Kroasia dan kedua pemain tersebut tinggal di Jerman, maka Shin Tae-yong pun mencoba untuk menjajal mereka.

“Siapa tahu ada (pemain keturunan yang sesuai kriteria di Belanda), karena saya sendiri tidak ikut campur. Kami menyerahkan apa pun yang berkaitan dengan pemain kepada pelatih Shin Tae-yong dan juga Direktur Teknis, Indra Sjafri,” jelas Iriawan.

Shin Tae-yong

“Maka dari itu direncanakan ke sana tapi di dalam road map yang ada tanggal 24 urusan visa ke Belanda tapi harus ada korespondensi dulu. Harus ada izin dari federasi sana dan pemerintah sana,” imbuh pria 58 tahun tersebut.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 tengah dipersiapkan untuk tampil di putaran final Piala Dunia U-20 2021. Maka dari itu segala program pun digembleng PSSI demi meningkatkan level kualitas skuad Timnas Indonesia U-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini