Timnas Indonesia U-19 Kurang Pemain Top di Posisi Gelandang, Siapa Dicoret?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 23:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 51 2300583 timnas-indonesia-u-19-kurang-pemain-top-di-posisi-gelandang-siapa-dicoret-v5Hbwyyfio.jpg David Maulana, kapten Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, mendapat laporan dari pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong, perihal perkembangan pemain selama dua bulan menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Iwan Bule –sapaan akrab Iriawan– menyebut pelatih Shin Tae-yong puas dengan mayoritas pemain yang dimiliki.

Hanya saja, pelatih 49 tahun itu masih belum puas dengan deretan pemain di lini tengah. Karena itu, Iriawan mengatakan Shin Tae-yong masih mencari pemain yang mumpuni di lini tengah dan itu berarti, akan ada pemain di lini sentral yang dicoret.

David Maulana

(David Maulana, gelandang andalan Timnas Indonesia U-19)

“Di posisi gelandang Shin mengatakan masih akan mencari pemain yang mumpuni,” kata Iriawan saat menyambut kehadiran Timnas Indonesia U-19 di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Jika Shin Tae-yong mendatangkan gelandang baru, bukan tak mungkin ada pemain tengah yang dicoret. Saat ini ada sejumlah gelandang di Timnas Indonesia U-19 seperti kapten David Maulana, Brylian Aldama, Imam Zakiri, Luah Mahessa, Kelana Noah Mahessa, Kanu Helmiawan, Sandi Arta, Beckham Putra dan Andre Oktaviansyah.

Sejauh ini, David Maulana dan Brylian Aldama merupakan andalan Shin Tae-yong untuk mengisi lini sentral dalam pola 4-4-2. Selain David Maulana-Brylian Aldama, duet David Maulana-Kelana Noah Mahessa juga digadang-gadang akan membentuk duo mematikan di lini sentral Timnas Indonesia U-19.

BACA JUGA: 9 Pemain Keturunan Gabung Timnas Indonesia U-19, Siapa Saja?

Di luar tiga nama di atas, semuanya memilki peluang yang sama untuk dicoret Shin Tae-yong. Karena itu, pantang bagi 30 pemain yang ada di skuad Timnas Indonesia U-19 saat ini untuk tampil seadanya.

 

Selain itu, Iwan Bule juga memuji mental skuad Timnas Indonesia U-19 yang dinilainya sudah sangat baik. Salah satu bukti kuatnya mental Timnas Indonesia U-19 tersaji saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi Arab Saudi yang notabene juara bertahan Piala Asia U-19. Sempat tertinggal 0-3, Timnas Indonesia U-19 menahan Arab Saudi 3-3.

Timnas Indonesia U-19

“Pelatih Shin Tae-yong juga mengatakan mental para pemain sudah mendekati 80 persen. Untuk itu selanjutnya kita akan meningkatkan lagi dan menambah pada segi lainnya. Pelatih dibantu tim analisis juga menyoroti permainan mereka dari hari ke hari dan menilainya semakin membaik,” lanjut Iwan Bule.

Seharusnya dari 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021, Timnas Indonesia U-19 akan menjalani pemusatan latihan di Prancis. Rencananya selama di sana, Timnas Indonesia U-19 akan turun di turnamen Toulon.

Namun, karena lonjakan kasus positif Covid-19, turnamen dibatalkan, sehingga Timnas Indonesia U-19 batal berlatih di sana. Saat ini, Belanda dan Jepang dijadikan lokasi alternatif pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 selanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini