Paul Pogba Diberitakan Mundur dari Timnas Prancis, Netizen: Pindah Jadi WNI

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 51 2299580 paul-pogba-diberitakan-mundur-dari-timnas-prancis-netizen-pindah-jadi-wni-bfcNRjmEqD.jpg Paul Pogba junior (kiri) dan senior (kanan) saat bela Timnas Prancis. (Foto: Twitter/@paulpogba)

MANCHESTER – Media asal Inggris, The Sun, menulis bahwa gelandang Manchester United Paul Pogba akan mundur dari Tim Nasional (Timnas) Prancis. Masih menurut The Sun, keputusan itu diambil Pogba karena tak senang dengan ucapan presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang diduga merendahkan agama Islam.

Kabar mundurnya Pogba dari Timnas Prancis mendapat respons dari netizen Indonesia atau biasa disebut +62. Akun @M**oel bahkan meminta Pogba untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Paul Pogba

(Pogba saat menjalani ibadah umroh)

“Pindah jadi WNI,” tulis akun tersebut mengomentari pemberitaan yang dibuat Okezone terkait wacana mundurnya Pogba dari Timnas Prancis.

Lantas, seberapa mudah bagi Pogba untuk mendapatkan status WNI? Satu hal yang pasti, Pogba mesti melepas kewarganegaraan Prancis jika ingin menjadi WNI, mengingat Indonesia tidak mengenal sistem dwikenegaraan.

Apa saja syarat untuk menjadi WNI? Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, ada empat syarat untuk menjadi WNI. Sebut saja orang asing yang menikah secara sah dengan WNI, orang asing yang berjasa bagi Indonesia, anak yang memiliki kewarganegaraan ganda dan WNI yang sempat kehilangan status WNI-nya, dan ingin mengajukannya kembali.

BACA JUGA: Dikabarkan Mundur dari Timnas Prancis karena Agama, Ini 5 Bukti Pogba Islam yang Taat

Sementara beradasarkan ketentuan Pasal 9 Undang-Undang Kewarganegaaan, ada delapan syarat yang harus dipenuhi. Sebanyak dua di antaranya adalah sehat jasmani rohani, serta tinggal lima tahun di Indonesia berturut-turut, atau 10 tahun tidak berturut-turut.

Bagaimana dengan peluang Pogba membela tim senior Indonesia? Peluang Pogba sudah tertutup. Sebab, menurut statuta FIFA nomor 17, pemain tidak bisa membela negara lain andai sudah memperkuat salah satu tim nasional di ajang resmi level senior.

Paul Pogba

(Pogba sudah 71 kali membela tim senior Prancis)

Hanya saja, jika pemain tersebut telah membela suatu negara di tim senior tetapi bukan di ajang resmi, ia masih diizinkan bermain untuk negara lain. Sayangnya, Pogba gagal memenuhi syarat di atas.

Sebab, sejak 2013 Pogba sudah menghuni tim senior Prancis. Sejauh ini Pogba telah turun dalam 71 pertandingan dengan koleksi 10 gol.

Berkat bantuan dari Pogba, Prancis memenangkan trofi Piala Dunia 2018. Karena itu, menarik menanti keputusan apa yang diambil Pogba soal kariernya bersama Les Bleus –julukan Timnas Prancis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini