Begini Cara Shin-Tae-yong Berburu Pemain Keturunan untuk Timnas Indonesia U-19

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 49 2299569 begini-cara-shin-tae-yong-berburu-pemain-keturunan-untuk-timnas-indonesia-u-19-7jIbTa4Q7v.jpg Jack Brown. (Foto/PSSI)

SPLIT – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong memiliki cara untuk menyeleksi pemain keturunan yang akan bergabung dengan skuadnya. Sejumlah pemain keturunan itu dipersiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 menuju Piala Dunia U-20 2021 di Indoneisa.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 sudah diperkuat empat pemain keturunan. Mereka adalah Elkan Baggott, Jack Brown, Kelana Mahessa dan Luah Mahesa.

Foto/PSSI

Elkan Baggott merupakan pemain keturunan Indonesia-Inggris, yang bermain dengan tim asal Inggris, Ipswich Town. Sementara Jack Brown juga keturunan Indonesia-Inggris, ia sebelumnya bermain dengan Lincoln City.

Baca juga: Timnas Indonesia U-19 Batal Mengikuti Turnamen Toulon

Dua nama pemain keturunan yang baru bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 adalah kakak-beradik, Kelana dan Luah. Keduanya merupakan keturunan Indonesia-Jerman yang bermain untuk Bonner SC.

Shin Tae-yong memaparkan bagaimana dia menyeleksi pemain keturunan untuk bisa bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-19. Salah satunya dengan menyaksikan rekaman video dari sang pemain.

“Dalam pencarian pemain keturunan, kami dibantu PSSI, tim pelatih dan ofisial timnas U-19. Kami sudah mempunyai data beberapa nama pemain dan sudah melakukan pembicaraan ke sejumlah pemain keturunan," ungkap Tae-yong mengutip laman PSSI, Senin (26/10/2020).

"Pemain kami lihat dari curriculum vitae (CV), administrasi, analisa video, dan setelah itu kami datangkan saat menjalani pemusatan latihan (TC) untuk melihat kualitasnya secara langsung,” tambahnya.

“Pada TC selanjutnya mungkin saja kami mendatangkan pemain keturunan sambil melihat perkembangan," lanjut pelatih asal Korea Selatan itu.

Foto/PSSI

Timnas Indonesia U-19 kini masih menjalani di Kroasia. Mereka sudah menjalani sebelas laga uji coba di Kroasia dengan melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara (4-1 dan 0-0) dan melawan Hajduk Split (4-0).

TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini