Mourinho Samakan Tottenham dengan Liverpool, dalam Hal Apa?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 45 2299620 mourinho-samakan-tottenham-dengan-liverpool-dalam-hal-apa-lUediwO0aG.jpg Skuad Tottenham saat hendak jalani sesi pemotretan. (Foto: Twitter/@SpursOfficial)

BURNLEY – Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, menilai manajemen timnya wajib mencontoh Liverpool. Dalam pandangan Mou –sapaan akrab Mourinho, Liverpool hebat karena tiap kali bursa transfer dibuka mereka selalu membeli pemain yang dibutuhkan sang pelatih, Jurgen Klopp.

Karena itu, tak heran perlahan tapi pasti, Klopp membawa Liverpool mendominasi Inggris bahkan Eropa. Ketika Klopp datang di Stadion Anfield pada Oktober 2015, Liverpool bukanlah klub yang ditakuti di Inggris.

Jurgen Klopp

(Klopp ubah Liverpool menjadi tim menakutkan)

Ketika ditinggalkan Brendan Rodgers di pekan kedelapan Liga Inggris 2015-2016, Liverpool hanya menempati posisi delapan klasemen sementara. Sementara di Liga Inggris 2014-2015, Liverpool hanya finis di posisi enam.

Paham Klopp dapat memberikan prestasi, manajemen Liverpool tidak pelit kepada pelatih asal Jerman itu tiap kali bursa transfer dibuka. Ambil contoh pada musim panas 2016 Liverpool mendatangkan Sadio Mane dan Georginio Wijnaldum.

Kemudian pada 2017 ada Mohamed Salah, Andy Robertson hingga Virgil van Dijk yang didaratkan di Stadion Anfield. Pada musim panas 2018, Liverpool kedatangan Fabinho hingga Alisson Becker. Singkat kata, nama-nama di atas menjadi andalan Klopp di Liverpool hingga kini.

BACA JUGA: Liverpool Lagi-Lagi Dirugikan VAR di Laga Kontra Sheffield United, Klopp Kesal

Hasilnya pun positif. Dalam dua musim terakhir, Liverpool memenangkan empat gelar yakni Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub dan Liga Champions. Dominasi pun coba mereka lanjutkan musim ini.

Bagaimana dengan Tottenham? Pada musim panas 2020 manajemen Tottenham cukup membantu Mourinho. Manajemen mendatangkan enam pemain berkelas ke Stadion Tottenham yakni Gareth Bale, Matt Doherty, Joe Rodon, Carlos Vinicius, Sergio Reguilon dan Pierre-Emile Hojbjerg.

Gareth Bale

(Bale dipinjam Tottenham dari Real Madrid)

Meski begitu, Mourinho belum puas. Ia berharap pada bursa transfer musim panas 2021, lebih banyak lagi pemain hebat yang didaratkan manajemen.

"Saya sangat senang dengan skuad tetapi, tentu saja musim panas mendatang kami perlu memberikan beberapa sentuhan demi meningkatkan kualitas skuad. Lihatlah Liverpool, misalnya, ketika Jurgen (Klopp) berada di sana. Klopp pergi ke pasar untuk meningkatkan tim,” kata Mourinho mengutip dari The Sun, Senin (26/10/2020).

Saat ini Mourinho membawa Tottenham duduk di posisi 11 klasemen Liga Inggris 2020-2021 dengan koleksi delapan angka. Jika Tottenham menang atas Burnley di laga pekan keenam dini hari nanti, The Lilywhites –julukan Tottenham– akan naik ke urutan kelima dengan koleksi 11 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini