Sederet Pemain Keturunan yang Siap Kukuhkan Lini Belakang Timnas Indonesia

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 51 2298772 sederet-pemain-keturunan-yang-siap-kukuhkan-lini-belakang-timnas-indonesia-QTIKZtxtEu.jpg Justin Quincy Hubner (Foto: Instagram)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia U-19 bisa disebut tengah menjadi perbincangan para pecinta sepakbola di Tanah Air. Kiprah apik mereka selama menjalani laga uji coba di Kroasia membuat warga Indonesia memiliki harapan besar terhadap skuad asuhan Shin Tae-yong.

Persiapan mereka jelang menghadapi Piala Dunia U-20 2021 di kandang sendiri membuat Timnas Indonesia U-19 berlatih sangat keras. Namun begitu, perkembangan tentang kualitas para pemain juga tidak lepas dari sorotan.

Mees Hilgers

Salah satunya adalah hadirnya para pemain keturunan yang menghiasi skuad Timnas Indonesia U-19. Apalagi sosok yang tengah mendapat sorotan besar adalah Elkan Baggott yang mengisi bek tengah. Ketangguhannya di lini belakang Timnas Indonesia U-19 membuat banyak orang terkesan.

Lalu apakah Elkan menjadi satu-satunya pemain keturunan yang bisa memperkuat lini belakang Timnas Indonesia U-19? Ternyata tidak. Banyak pemain keturunan yang telah menyatakan minat untuk bergabung dengan skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut. Bahkan bukan hanya untuk Timnas Indonesia U-19 saja, tetapi juga hingga ke Timnas Senior.

Pada posisi kiper ada nama Dayen Gentenaar. Pemain berusia 19 tahun itu adalah anak dari mantan kiper Borussia Dortmund yakni Dennis Gentenaar. Remaja keturnanan Indonesia-Belanda ini memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Bandung.

Baca juga Bek Berdarah Finlandia Fernando Aro Masih HarapkanTempat di Timnas Indonesia U-19

Dayen sendiri mengatakan sangat tertarik untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19. Sayangnya, ia belum pernah mendapat tawaran memperkuat Timnas Indonesia U-19 untuk menjalani trial. Dayen pernah memperkuat klub asal Abu Dhabi yakni Al Wahda.

Berikutnya ada nama Shayne Pattynama. Pemain berusia 22 tahun itu adalah pemain bek kiri. Ia juga pemain keturunan Indonesia-Belanda yang siap memperkuat Timnas Indonesia U-22. Ia memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang lahir di Semarang.

Pattynama juga tak ragu untuk mengungkapkan keinginan untuk bergabung ke Timnas Indonesia jika mendapat panggilan. Tetapi, bek FC Telstar juga tidak sendiri. Hal yang sama juga diungkapkan Joseph Ferguson Simatupang yang memiliki posisi di bek kanan.

Sosok Joseph mungkin sudah tidak asing lagi. Apalagi memiliki nama dengan marga batak membuat Joseph sangat berhasrat memperkuat Timnas Indonesia. Remaja berusia 18 tahun itu bahkan memiliki kedekatan dengan salah satu bintang Timnas Indonesia U-19 yakni Bagus Kahfi. Joseph dikenal sebagai pemain akademi dari Blackburn Rovers.

Untuk bek tengah ada nama Mees Hilgers dan Justin Quincy Hubner. Posisi mereka sangat sentral karena mereka menempati posisi bek tengah. Mees sendiri adalah pemain FC Twente dan kini berusia 19 tahun. Pemain keturunan Indonesia-Belanda bahkan nyaris mengikuti trial sebelum pandemi Covid-19 menghentikannya.

Untuk Justin, tentu ia akan menjadi harapan besar untuk Timnas Indonesia. Remaja keturunan Indonesia-Belanda ini adalah bek tengah muda miliki Wolverhampton Wanderers. Meski masih berusia 17 tahun, ia telah mendapat kontrak profesional dengan Wolverhampton. Ia pun menyatakan siap memperkuat Timnas Indonesia U-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini