Marcello Lippi Resmi Pensiun dari Dunia Kepelatihan

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 22:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 51 2298073 marcello-lippi-resmi-pensiun-dari-dunia-kepelatihan-ql5ipkieSs.jpg Marcello Lippi (Foto: Twitter/@MisterLippi)

VIAREGGIO Italian Football TV melaporkan pelatih legendaris Italia, Marcello Lippi, resmi pensiun dari dunia kepelatihan pada hari ini, Kamis (22/10/2020). Sebelum pensiun, Lippi tengah menganggur setelah tidak lagi melatih Tim Nasional (Timnas) China sejak 14 November 2019 silam.

Lippi meninggalkan dunia kepelatihan dengan segudang prestasi bergengsi. Pria berumur 72 tahun itu telah mengangkat 19 trofi selama menjadi juru taktik, baik di level klub maupun timnas.

Marcello Lippi (Foto: Twitter/@MisterLippi)

Selama menjadi pelatih, Lippi meraih kesuksesan di level klub bersama Juventus dan Guangzhou Evergrande. Akan tetapi, nama juru taktik asal Italia itu lebih harum saat menukangi Bianconeri –julukan Juventus– ketimbang Guangzhou Evergrande.

Lippi masuk jajaran top dunia saat menukangi Juventus karena mampu meraih 13 trofi. Lippi dua kali melatih Juventus, yakni pada periode 1994-1999 dan 2001-2004.

Prestasi tertinggi Lippi selama melatih Juventus adalah mengantarkan Bianconeri menjuarai Liga Champions 1995-1996. Liippi adalah pelatih terakhir yang membawa Juventus merajai kompetisi terelite Eropa hingga sekarang. Berkat karier gemilang bersama Juventus, Lippi pun dua kali dinobatkan sebagai pelatih terbaik dunia pada 1996 dan 1997.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Ucapkan Insya Allah saat Dukung Khabib Nurmagomedov

Sementara itu, prestasi terbaik Lippi di level internasional adalah saat mengantarkan Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006. Lippi juga merupakan pelatih terakhir yang mempersembahkan trofi Piala Dunia untuk Gli Azzurri –julukan Timnas Italia.

Lippi kini telah memutuskan untuk berhenti dari kegiatan yang disukainya, yakni melatih sepakbola. Meski begitu, prestasi yang diukir pria berumur 72 tahun tersebut, membuatnya akan terus dikenang sebagai salah satu juru taktik terbaik sepanjang masa.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini