4 Pemain Keturunan Bela Timnas Indonesia U-19, Tambah Lagi?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 51 2297334 4-pemain-keturunan-bela-timnas-indonesia-u-19-tambah-lagi-A7V0jCMg6z.jpg Luah Mahessa pemain keturunan Indonesia-Jerman. (Foto: PSSI)

SPLIT – Tercatat ada empat pemain keturunan yang terdaftar di skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 saat ini. Mereka ialah Jack Brown yang keturunan Indonesia-Inggris, Elkan Baggott (Indonesia-Inggris), Kelana Noah Mahessa (Indonesia-Jerman) dan Luah Fynn Jeremy Mahessa (Indonesia-Jerman).

Untuk dua nama yang disebut terakhir, baru saja bergabung bersama Timnas Indonesia U-19. Mereka tiba di Split, Kroasia pada Minggu 18 Oktober 2020. Sehari berselang, kakak-adik ini langsung ikut berlatih bersama David Maulana dan kawan-kawan.

Kelana Mahessa

(Kelana Mahessa debut di laga Timnas Indonesia U-19 vs Hajduk Split)

Hebatnya, dua pemain yang kini tercatat sebagai personel SC Bonner (kasta keempat Liga Jerman) itu langsung diturunkan pelatih Shin Tae-yong dalam laga uji coba kontra Hajduk Split, Selasa 20 Oktober 2020 sore WIB. Bahkan untuk Kelana, gelandang kelahiran 30 Januari 2001 itu langsung diturunkan sebagai starter.

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah gelombang masuk pemain keturunan di Timnas Indonesia U-19 terus terjadi? Sekadar informasi, PSSI pernah mengungkapkan ada sejumlah pemain keturunan yang melamar agar dipanggil skuad Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Beberapa di antaranya adalah Justin Jonathans (fullback kanan, Belanda-Indonesia) dan Joseph Simatupang (bek, Blackburn Rovers). Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, pernah mengatakan pemilihan pemain sepenuhnya ada di tangan pelatih Shin Tae-yong.

BACA JUGA: Shin Tae-yong Komentari Performa Kelana dan Luah Mahessa Bareng Timnas U-19

Jika Shin Tae-yong menginginkan pemain keturunan, PSSI siap membantu proses administasinya. Namun, PSSI yakin Shin Tae-yong paham betul standar pemain yang dibutuhkannya.

“Makanya kami juga tidak terlalu mengintervensi langsung tentang hal (pemilihan pemain), semua kami serahkan kepada Shin Tae-yong. Kalau bagus seperti Elkan Baggott atau yang lain ya kami ambil. Kami saring, kami usahakan, dan kami proses administrasinya," kata Yunus Nusi kepada pewarta beberapa waktu lalu.

Elkan Baggott

(Elkan Baggott bek keturunan Indonesia-Inggris)

Terlepas dari itu, pada ujungnya terpenting performa Timnas Indonesia U-19. Timnas Indonesia U-19 dalam waktu dekat akan turun di dua turnamen besar, yakni Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

Di Piala Asia U-19 yang kemungkinan digelar di Uzbekistan mulai 22 Februari 2021, Timnas Indonesia U-19 ditargetkan lolos ke semifinal. Sementara di Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Tanah Air pada 20 Mei hingga 12 Juni, target minimal adalah lolos ke babak 16 besar.

Karena itu, persiapan matang dilakukan Timnas Indonesia U-19. Setelah hampir dua bulan menjalani pemusatan latihan di Kroasia, kemudian pada Desember 2020 hingga Januari 2021, David Maulana dan kawan-kawan berlatih di Prancis dan mengikuti turnamen Toulon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini