Wenger Ungkap Alasan Tawar Luis Suarez dengan Harga Unik

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 45 2294697 wenger-ungkap-alasan-tawar-luis-suarez-dengan-harga-unik-cMoyY05wif.jpg Luis Suarez pernah ditawar Arsenal dengan nominal unik (Foto: Premier League)

STRASBOURG – Arsenal diketahui pernah berniat membajak Luis Suarez dari Liverpool pada 2013. Kala itu, The Gunners mencoba mengajukan tawaran bernilai unik, yakni 40.000.001 poundsterling (setara Rp760,6 miliar). Sayangnya, tawaran itu ditolak mentah-mentah.

Ketertarikan Arsenal kepada Luis Suarez tidak terlepas dari ketajaman pemain asal Uruguay itu. Selain itu, Meriam London tengah membutuhkan seorang penyerang tajam setelah Robin van Persie hengkang ke Manchester United pada musim panas 2012.

Sebetulnya, Manajer Arsenal saat itu Arsene Wenger tertarik merekrut Gonzalo Higuain dari Real Madrid. Namun, setelah dibisiki seseorang tentang Luis Suarez, pria asal Prancis itu menolehkan pandangannya ke penyerang Liverpool tersebut.

Baca juga: Suarez Merasa Konyol jika Dirinya Disalahkan Barcelona

Luis Suarez direkrut Atletico Madrid

Seseorang itu mengklaim ada klausul dalam kontrak di mana Luis Suarez bisa bebas pergi asalkan ada klub yang berani menawar di atas 40 juta poundsterling. Demi mengetes kebenaran hal itu, Arsene Wenger mengajukan tawaran nyeleneh itu.

“Pada 2013, kami mencoba untuk menggaet Luis Suarez. Kami sudah mencapai kesepakatan dengan sang pemain dan juga agennya. Agen itu mengklaim ada sebuah klausul di mana Liverpool wajib melepas sang pemain jika ada tawaran di atas 40 juta poundsterling,” papar Arsene Wenger, dikutip dari The Sun, Jumat (16/10/2020).

“Terima kasih atas kebijaksanaan Liverpool. Saya mengetahui bahwa klausul itu tidak pernah ada. Untuk membuktikannya, kami menawarkan 40.000.001! Saya perlu akui, kedengarannya lucu,” sambung pria berusia 70 tahun tersebut.

Kesepakatan itu memang tidak pernah terjadi. Sebab, Luis Suarez bertahan selama semusim lagi di Liverpool sebelum akhirnya hengkang ke Barcelona pada 2014. Arsene Wenger mengklaim, kala itu tawaran dari Barcelona juga sudah datang.

“Namun, Liverpool tidak mau menjual Suarez. Mereka mampu menahannya di sana. Lagipula, sudah ada tawaran dari Barcelona,” tutup Arsene Wenger.

Akhir cerita sudah kita ketahui bersama. Luis Suarez bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2014 dengan nilai transfer 81,72 juta Euro (setara Rp1,41 triliun). Banderol tersebut sebanding dengan sumbangsih berupa 195 gol dan 113 assist dalam 283 penampilan.

Kini, El Pistolero sudah mengakhiri petualangannya bersama Barcelona. Pemain kelahiran Salto itu berlabuh di Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2020. Pun begitu, ketajamannya belum hilang dengan bukti dua gol dan satu assist dari tiga laga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini