Juventus Resmi Dinyatakan Menang 3-0 atas Napoli

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 00:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 47 2293815 juventus-resmi-dinyatakan-menang-3-0-atas-napoli-8yBd5Fen2i.jpg Juventus (Foto: Twitter/@Cristiano)

TURINJuventus resmi dinyatakan menang 3-0 atas Napoli dalam laga pekan ketiga Liga Italia 2020-2021. Keputusan tersebut diambil setelah Napoli memutuskan tidak hadir dalam pertandingan yang digelar di kandang Juventus, Stadion Allianz pada Senin, 5 Oktober 2020 dini hari WIB.

Melansir dari Football Italia, Kamis (15/10/2020), Komisi Liga Italia akhirnya memutuskan untuk memberi kemenangan 3-0 kepada Juventus. Sementara, Napoli mendapatkan hukuman tambahan dengan pengurangan satu poin karena tidak hadir untuk bertanding di Stadion Allianz.

Juventus

Keputusan ini tentu menguntungkan Juventus yang akhirnya naik ke urutan keempat klasemen sementara Liga Italia 2020-2021 dengan koleksi tujuh poin. Sementara, Napoli turun ke posisi kedelapan dengan koleksi lima poin.

Sebelumnya, Napoli mengklaim bahwa mereka mendapat larangan melakukan perjalanan ke Turin. Pasalnya Otoritas Kesehatan Lokal (ACL) di Campania tidak memberikan izin akibat kedua pemain Napoli dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga Usai Cristiano Ronaldo, Juventus Umumkan Weston McKennie Positif Covid-19

Kedua pemain Napoli yang terpapar virus Corona adalah Piotr Zielinski dan Eljif Elmas. Secara bersamaan keduanya dinyatakan positif Covid-19 dengan seorang anggota staf klub. Situasi tersebut pun memaksa Napoli membatalkan keberangkatan ke Turin yang disertai adanya larangan dari ACL.

Padahal Juventus dan Liga Italia telah memperhitungkan tentang protokol Covid-19 yang telah disetujui oleh semua klub sebelum musim dimulai. Sementara dua kasus positif Covid-19 yang dimiliki Napoli bukanlah jaminan mutlak bahwa mereka harus absen dalam sebuah pertandingan.

Komisi Disiplin Liga Italia pun menilai Napoli tidak memiliki alasan kuat untuk absen dalam laga tandang ke markas Juventus. Meski ASL secara teknis dapat memengaruhi pembatalan laga Liga Italia, tetapi investigasi menunjukkan bahwa tidak ada situasi force majeure yang membuat Napoli harus tidak hadir kr Turin.

Sebelum memulai musim, semua klub Liga Italia telah sepakat bahwa selama sebuah tim memiliki 13 pemain, termasuk setidaknya satu kiper, maka permainan harus dilanjutkan. Sementara pada situasi yang dialami Napoli, skuad asuhan Gennaro Gattuso itu hanya kehilangan dua pemain saja.

Meski akhirnya telah dijatuhi hukuman, Napoli masih memiliki kesempatan untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut. Napoli pun diperkirakan akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga dan kemudian ke CONI, otoritas olahraga tertinggi Italia.

Terlepas dari hal itu, Napoli sendiri memang sempat dihadapkan pada situasi buruk. Pasalnya sebelum melawan Juventus, Napoli berhadapan dengan Genoa yang memiliki 14 pemain terpapar virus Corona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini