Cristiano Ronaldo Positif Covid-19, Man United Berpotensi Kehilangan Bruno Fernandes

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 45 2293258 cristiano-ronaldo-positif-covid-19-man-united-berpotensi-kehilangan-bruno-fernandes-I63AiTmSgf.jpg Bruno Fernandes melakukan kontak erat dengan Cristiano Ronaldo (Foto: Federasi Sepakbola Portugal)

MANCHESTER – Kabar Cristiano Ronaldo positif terpapar Covid-19 menghebohkan dunia. Kendati hasil tes seluruh penggawa Tim Nasional (Timnas) Portugal lainnya negatif, hal itu bisa berdampak pada sejumlah pemain yang berkarier di Inggris seperti Bruno Fernandes.

Seperti diketahui, hasil tes yang menunjukkan Cristiano Ronaldo positif terpapar Covid-19 baru keluar pada Selasa 13 Oktober 2020 malam WIB. CR7 langsung dipulangkan dari kamp latihan Timnas Portugal dan wajib menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di negara asalnya itu.

Berdasarkan keterangan dari Federasi Sepakbola Portugal (FPF), hanya Cristiano Ronaldo yang dinyatakan positif Covid-19. Sementara para pemain lain, menunjukkan hasil negatif. Karena itu, mereka diminta tetap berada di markas tim sampai dengan selesai laga melawan Swedia.

Baca juga: Positif Covid-19, Cristiano Ronaldo Terancam Batal Lawan Lionel Messi

Cristiano Ronaldo positif Covid-19 (Foto: UEFA)

“Cristiano Ronaldo dibebaskan dari tugas membela Tim Nasional Portugal setelah dinyatakan positif Covid-19. Jadi, dia tidak akan menghadapi Swedia,” bunyi pernyataan FPF, dikutip dari laman resmi, Rabu (14/10/2020).

“Dia dalam keadaan baik-baik saja dan tidak mengalami gejala apa pun, serta sedang menjalani isolasi. Seturut dengan hasil positif itu, semua pemain sudah menjalani tes pada Selasa pagi, dengan hasil negatif, dan siap berlatih bersama Fernando Santos,” imbuh pernyataan resmi tersebut.

Sekilas, pernyataan tersebut melegakan bagi klub-klub yang pemainnya dipanggil ke Timnas Portugal. Namun, tidak demikian halnya bagi mereka yang berkarier di Inggris. Menurut peraturan yang berlaku, para pemain itu bisa saja diminta menjalani isolasi mandiri.

“Sesuai dengan protokol yang dikeluarkan Pemerintah Inggris, para pemain Timnas Portugal itu mungkin harus mematuhi aturan karantina wajib setelah melakukan kontak erat dengan Cristiano Ronaldo,” tulis artikel di laman United Report.

Walau menunjukkan hasil negatif, sesuai protokol khusus yang dirancang Premier League, para pemain itu harus menjalani isolasi mandiri setidaknya 10 hari. Itu berarti, Bruno Fernandes dan kawan-kawan baru akan selesai menjalani isolasi paling cepat 25 Oktober 2020.

Man United jelas ketiban sial karena Bruno Fernandes harus absen pada laga-laga krusial sepanjang Oktober 2020. Selepas jeda internasional, pemain berusia 26 tahun itu berpotensi menepi pada laga kontra Newcastle United, 18 Oktober 2020 dini hari WIB. Setelah itu, Bruno Fernandes berturut-turut absen pada laga melawan Paris Saint-Germain (PSG), Chelsea, dan RB Leipzig.

Parahnya lagi, aturan tersebut bisa membuat personel yang absen berpotensi bertambah. Harap diingat, Portugal belum lama ini menghadapi Prancis di UEFA Nations League, di mana ada Paul Pogba dan Anthony Martial. Bukan tidak mungkin keduanya juga harus menjalani isolasi sekembalinya ke Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini