Ronaldo dan Messi Diyakini Masih Bisa Bersaing untuk Ballon dOr

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 51 2292041 ronaldo-dan-messi-diyakini-masih-bisa-bersaing-untuk-ballon-dor-PPAhNg5Jst.jpg Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Foto: UEFA)

AMSTERDAM – Selama satu dekade lebih jagat sepakbola selalu diramaikan dengan persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Tak mengherankan, pasalnya dalam kurun waktu tersebut Ronaldo dan Messi selalu menjaga performanya tetap berada di level tertinggi.

Saat ini, Ronaldo telah berusia 35 tahun, sedangkan Messi 33. Kondisi ini membuat sejumlah pihak berpikir bahwa masa keemasan Ronaldo dan Messi telah berakhir. Apalagi, keduanya juga kesulitan untuk bisa memenangkan trofi Liga Champions belakangan ini.

Pada akhirnya, Ronaldo dan Messi kini dianggap sebagai pemain yang kurang diunggulkan untuk bisa meraih Ballon d’Or. Akan tetapi, pandangan berbeda justru dimiliki oleh legenda AC Milan, Clarence Seedorf. Menurutnya, Ronaldo dan Messi masih patut diperhitungkan dalam perburuan Ballon d’Or.

Baca juga: Lloris Girang Gawangnya Tak Dijebol Cristiano Ronaldo

Lionel Messi

Seedorf menjelaskan bahwa Ronaldo dan Messi adalah pemain yang sama-sama memiliki ambisi besar. Jika kedua pemain tersebut bisa selalu berada dalam keadaan sehat, maka sangat mungkin bagi mereka menampilkan permainan terbaiknya dan meraih gelar juara bergengsi.

Di musim kompetisi 2019-2020 contohnya. Meski Ronaldo dan Messi gagal menjuarai Liga Champions, namun mereka menorhekan catatan fantastis. Ronaldo di usia 35 tahun nyatanya masih bisa mencetak 37 gol dari 46 kali bertanding. Sedangkan Messi membukukan 31 gol dan 26 assist dari 44 kali berlaga.

“Saya pikir jika mereka bugar dan termotivasi, mereka akan terus tampil di level tinggi, keduanya. Saya tidak mengerti mengapa mereka tidak dianggap mampu untuk melakukannya,” terang Seedorf, menyadur dari Goal, Senin (12/10/2020).

Meski begitu, Seedorf juga enggan memungkiri bahwa para pemain dari generasi yang lebih muda bisa saja menjadi halangan besar bagi Ronaldo dan Messi dalam meraih trofi Ballon d’Or berikutnya. Nama-nama seperti Neymar Jr, Kevin De Bruyne, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan tentunya Robert Lewandowski.

“Pertanyaannya lebih banyak: apakah kita akan melihat beberapa generasi muda meningkatkan permainan mereka? Itulah yang ingin saya lihat, karena Cristiano dan Messi telah menunjukkan selama 12-13 tahun terakhir kemampuan untuk terus melakukan hal mereka," ujar Seedorf.

Cristiano Ronaldo

“Ada cukup banyak pemain yang bisa meningkatkan persaingan. Neymar menjalani musim yang layak. Kemudian kami memiliki beberapa gelandang seperti De Bruyne. Lukaku yang luar biasa, dia telah melompat musim lalu. Lewandowski melakukan pekerjaan luar biasa. Ada banyak pemain: Mane, Salah,” lanjutnya.

“Jadi, ini tentang konsistensi yang ditunjukkan Messi dan Ronaldo. Cristiano telah menunjukkan kepada semua pemain bahwa mereka bisa konsisten selama bertahun-tahun pada level itu dan itu adalah mentalitas, itulah motivasi dan dorongan yang dimiliki juara,”pungkas pria Belanda tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini