Ada Peluang Elkan Baggott Ikut Rombongan Timnas U-19 di Turki

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 51 2285606 ada-peluang-elkan-baggott-ikut-rombongan-timnas-u-19-di-turki-y07EPXjD3u.jpg Elkan Baggott (paling tinggi) saat menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19 di Jakarta. (Foto: PSSI)

CAKOVEC – Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut ada peluang Elkan Baggott ikut rombongan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 yang menjalani pemusatan latihan di Turki per awal Oktober 2020. Saat ini, PSSI sedang melakukan negosiasi dengan klub Elkan Baggott, Ipswich Town, agar bersedia melepas sang pemain ke skuad Garuda Nusantara.

Sebelumnya dari medio Juli hingga Agustus 2020, Elkan Baggott menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Jakarta. Berkat penampilan lugas yang ditunjukkan pemain bertinggi badan 194 sentimeter tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, memasukkan nama Elkan Baggott ke dalam 30 nama yang disertakan ke Kroasia.

Elkan Baggott

Hanya saja, Elkan Baggott tidak bisa mengikuti pemusatan latihan yang dijalani Timnas Indonesia U-19 di Kroasia dalam sebulan terakhir. Hal itu karena bek kelahiran Bangkok, Thailand, itu tidak mendapatkan izin dari Ipswich Town.

“Mudah-mudahan dia (Elkan) di Turki bisa bergabung meski ini bukan FIFA Matchday atau laga FIFA, jadi tidak wajib," kata Yunus Nusi kepada wartawan.

"Kami sedang meminta, mudah-mudahan dia bisa ke Turki karena ada komunikasi kami dengan manajer dan pelatihnya. Mudah-mudahan dia dilepas untuk beberapa laga," lanjut pria yang juga menjabat sebagai komite eksekutif PSSI tersebut.

BACA JUGA: Mesir hingga Iran Jadi Lawan Timnas U-19 di Turki

Kehadiran Elkan Baggott diprediksi memperkukuh barisan pertahanan Timnas Indonesia U-19. Keberadaan Elkan Baggott membuat Timnas Indonesia U-19 memiliki sosok yang diandalkan untuk menjalani duel di udara.

Selama uji coba di Kroasia, terlihat jelas pemain-pemain Timnas Indonesia U-19 kalah saat berduel udara dengan pemain lawan yang posturnya jauh lebih tinggi. Hal itu terlihat jelas ketika skuad Garuda Nusantara kalah 0-3 dari Bulgaria serta 1-7 dari Kroasia.

Timnas Indonesia U-19

Karena itu, kehadiran Elkan Baggott bak berkah bagi Timnas Indonesia U-19. Selama di Turki, Timnas Indonesia U-19 akan menjajal kekuatan sejumlah tim kuat.

Selain Turki, Timnas Indonesia U-19 kemungkinan menjajal kekuatan Uni Emirat Arab, Mesir, dan Iran. Pengalaman menghadapi lawan-lawan kuat merupakan modal positif bagi Timnas Indonesia U-19 jelang turun di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

Sedianya, Piala Asia U-19 2020 digelar di Uzbekistan pada medio bulan depan. Namun, karena pandemi virus corona, turnamen diundur menjadi awal tahun depan. Di ajang dua tahunan ini, Timnas Indonesia U-19 ditargetkan lolos ke semifinal.

Bagaimana dengan Piala Dunia U-20 2021? Di ajang ini, ketua umum PSSI Mochamad Iriawan menargetkan pelatih Shin Tae-yong membawa David Maulana dan kawan-kawan lolos dari Fase Grup Piala Dunia U-20 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini