5 Pesepakbola yang Bela Banyak Klub, Nomor 3 Sempat Bela Mitra Kukar

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 51 2285592 5-pesepakbola-yang-bela-banyak-klub-nomor-3-sempat-bela-mitra-kukar-DcLSyhxyZe.jpg Andy Cole. (Foto/Man United)

Sejumlah pemain sepakbola memilih untuk bermain bersama satu klub. Mereka adalah Rogerio Ceni (Sau Paulo), Paulo Maldini (AC Milan), Ryan Giggs (Manchester United), Francesco Totti (AS Roma) dan Jimmy Carragher (Liverpool).

Namun, tak semua pesepakbola mampu bertahan di satu klub. Mereka pindah dari klub yang satu ke lainnya. Hanya saja ada pemain yang acap kali berganti-ganti seragam dalam tiap musimnya.

Berikut ini lima di antara pesepakbola yang paling banyak berpindah klub menyadur Sportskeeda:

5 Andy Cole (12 klub)

Andy Cole memulai karir profesionalnya dengan Arsenal pada 1989-1990. Namun dia hanya bermain sekali selama tiga musim dan pindah ke Fulham lalu Briston City di Divisi Kedua.

Cole melakukan debut Liga Primer bersama Bristol pada 1992-1993. Ia lalu pindah ke Newcastle United dengan mencetak 34 gol dan memberikan 13 assist.

Foto/Man United

Penampilannya bersama Newcastle menarik perhatian Sir Alex Ferguson. Ia kemudian diangkut ke Manchester United pada 1994.

Baca juga: 5 Analisis Laga Liverpool vs Arsenal, Nomor 1 Ungkap Borok Liverpool

Dalam delapan musim gemilang di Old Trafford, Cole memenangkan lima gelar Liga Inggris dan membawa Man United meraih treble pada 1998-1999. Tercatat, ia mencetak 121 gol dalam 275 penampilan di semua kompetisi untuk Setan Merah.

Cole juga pernah bermain bersama Blackburn Rovers, Fulham, Manchester City, Portsmouth dan Sunderland. Ia juga bermain untuk tim Championship, Birmingham City, Burnley dan Nottingham Forest sebelum mengumumkan pensiun pada 2009.

4. Christian Vieri (12 klub)

Chrisitan Vieri adalah salah satu striker paling berprestasi di sepak bola Italia. Ia pernah penghargaan Pichichi (bersama Atletico Madrid) dan Capocanonneiri (bersama Inter Milan) untuk pencetak gol terbanyak di La Liga Spanyol dan Liga Italia.

Sportskeeda

Vieri pernah membawa Juventus dua kali juara Liga Inggris. Dia mencetak 123 gol dalam 190 penampilan di semua kompetisi bersama Inter selama enam musim.

Setelah memenangkan penghargaan Capocannonieri pada 2002-2003 dengan mencetak 24 gol hanya dalam 23 pertandingan, Vieri tidak pernah menjadi pemain yang sama lagi. Ia mengalami cedera saat melawan Valencia di perempat final Liga Champions musim itu.

Di luar negaranya, ia bermain bersama Atletico Madrid dan AS Monaco. Pemain tersebut mengumumkan pengunduran dirinya setelah hanya bermain sembilan kali untuk Atalanta pada musim 2008-2009.

3. Marcus Bent (14 klub)

Marcus Bent mencetak 100 gol dalam 573 pertandingan kompetitif untuk 14 klub berbeda. Striker ini melakukan debut profesionalnya bersama Brentford di Divisi Kedua Inggris pada 1994-95.

Foto/Premier League

Ia tampil di Liga Primer bersama Crystal Palace dua musim kemudian, sebelum pindah ke enam klub lainnya. Paad 2007-2008 ia memilih berseragam Wigan.

Bent pada 2011 berpetualang meniti kariernya di Indonesia. Dia bermain untuk klub asal Kalimantan Timur, Mitra Kukar. Namun, Bent hanya setahun membela Mitra Kukar dan kembali ke Inggris.

2. Rivaldo (15 klub)

Rivaldo dikenal sebagai salah satu pemain terbaik di generasinya. Ia lincah menggiring bola dan bisa bermain di berbagai posisi depan seperti gelandang serang, penyerang kedua, gelandang sayap atau bahkan sebagai pemain sayap.

Foto/FourFourTwo

Pemain yang membantu Brasil juara Piala Dunia 2002 ini pernah berganti klub sebanyak 15 kali di enam negara serta empat benua. namun, kariernya paling melesat saat selama lima tahun tinggal di Barcelona.

Rivaldo mencetak 130 gol dalam 235 pertandingan untuk tim asal Catalan. Dia membantu Barca memenangkan dua gelar La Liga dan memenangkan Ballon d'or yang bergengsi pada 1999.

Pemain Brasil itu kemudian bermain sepakbola di Italia, Yunani, Turki, Uzbekistan, dan Angola sebelum terakhir bermain untuk tim Serie B Brasil, Mogi Mirim pada 2015 saat usianya 42 tahun.

1. John Burridge (29 klub)

Ia pernah bermain dengan 29 klub berbeda. John Burridge merupakan pemain yang paling banyak membela berbagai klub dalam sejarah sepakbola.

Foto/Crystal Palace

Ia memegang rekor berseragam 18 klub berbeda Liga Inggris. Burridge pernah bermain lebih dari 100 pertandingan untuk Blackpool dan Sheffield United.

“Saya menikmati diri saya saat bermain dengan klub mana pun yang pernah saya bela," kata di mengutip Sportskeeda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini