Kronologi AS Roma Dihukum Kalah 0-3 Gara-Gara Salah Daftarkan Pemain

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 47 2282498 kronologi-as-roma-dihukum-kalah-0-3-gara-gara-salah-daftarkan-pemain-4z0iuuigNH.jpg Laga Hellas Verona vs AS Roma. (Foto: Twitter/@officialasroma)

AS Roma kini harus menerima kenyataan pahit. Mereka baru saja diganjar hukuman oleh pihak operator kompetisi Liga Italia. Roma dinyatakan kalah dari Hellas Verona dengan skor 0-3 dalam pekan pertama Liga Italia 2020-2021.

Hukuman ini harus diterima Roma karena mereka salah mendaftarkan pemain saat bersua Verona di Stadion Marc’Antonio Bentegodi pada Minggu 20 September 2020 dini hari WIB itu. Dalam laga itu, Roma diketahui tak mendaftarkan nama Amadou Diawara dalam 25 pemain yang dibawanya.

Amadou Diawara

Padahal, Diawara dimainkan oleh sang pelatih, Paulo Fonseca, sejak menit awal pertandingan. Sang gelandang asal Guinea itu pun baru digantikan perannya di atas lapangan pada menit ke-89, digantikan oleh Gonzalo Villar.

BACA JUGA: Cengiz Under Resmi Gabung Leicester City dari AS Roma

Pertemuan Roma dengan Hellas Verona kala itu pun diketahui berakhir tanpa pemenang. Laga selesai dengan skor kacamata alias 0-0 sehingga kedua tim dapat meraih masing-masing satu poin.

Tetapi, selang tiga hari setelah laga selesai digelar, pihak operator Liga Italia mengeluarkan rilis yang menyatakan Roma kalah dari Verona dengan skor 0-3. Hal itu terjadi karena Roma ternyata tak mendaftarkan nama Diawara dan justru memainkannya dalam laga itu. Roma dinilai telah melanggar aturan yang berlaku di kompetisi tersebut.

"Mengingat Roma memainkan pemain yang tidak terdaftar dalam 25 pemain yang dikomunikasikan lewat e-mail pada 14 September 2020 pukul 12.14," bunyi pernyataan yang dirilis pihak Liga Italia.

"Karena itu, sanksi diterapkan berupa kekalahan pertandingan yang diatur dalam poin 9 Pemberitahuan Resmi FIGC N 83/A tersebut. Ini memutuskan memberikan sanksi kepada Roma dengan hukuman kekalahan 0-3," lanjut bunyi pernyataan tersebut.

Kesalahan ini pun kabarnya berbuntut dengan mundurnya sang Sekretaris Jenderal AS Roma, Pantaleo Longo. Ia memutuskan meninggalkan klub karena merasa bertanggung jawab atas hukuman terebut.

Laga Hellas Verona vs AS Roma

Roma sendiri tak tinggal diam menyikapi hukuman tersebut. Pihak Roma memastikan bakal mengajukan banding karena tak menerima hukuman berupa kekalahan 0-3 dalam laga kontra Hellas Verona.  

“AS Roma akan melakukan upaya naik banding atas keputusan yang diambil oleh komite olahraga. Organisasi tersebut memutuskan mengubah hasil laga kontra Verona yang semula berakhir dengan skor 0-0 menjadi 3-0 untuk tim tuan rumah,” bunyi pernyataan Roma, sebagaimana dikutip dari laman resmi AS Roma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini