Resmi Pensiun dari Timnas Kroasia, Ini Komentar Rakitic

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 51 2281840 resmi-pensiun-dari-timnas-kroasia-ini-komentar-rakitic-FsLq5KRwdC.jpg Ivan Rakitic. (Foto: Instagram/@ivanrakitic)

SEVILLA – Keputusan mengejutkan dibuat oleh Ivan Rakitic. Ia mengumumkan untuk pensiun dari dunia sepakbola internasional atau tidak akan lagi membela Tim Nasional (Timnas) Kroasia.

Pengumuman itu disampaikan Rakitic lewat unggahan di akun media sosial pribadinya, @ivanrakitic, pada Selasa (22/9/2020) dini hari WIB. Ia mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan selama ini untuk membela Timnas Kroasia.

“Dengan berat hati, saya membuat keputusan untuk mengumumkan pengunduran diri dari dunia sepakbola internasional. Merupakan suatu kehormatan besar untuk mendapat kesempatan mewakili negara saya, Kroasia, di tingkat internasional dan di kompetisi paling bergengsi,” tulis Rakitic di akun media sosial pribadinya, @ivanrakitic.

BACA JUGA: Soal Hubungan dengan Messi dan Suarez, Rakitic: Kami Tak Pernah Berteman Dekat

“Sebanyak 106 caps dan 15 gol. Sungguh mimpi yang luar biasa. Segala sesuatu yang kita capai bersama sebagai sebuah tim, sebagai bangsa, akan tetap selamanya dalam ingatan saya dan di hati saya sebagai pencapaian terbesar dalam karier saya,” lanjutnya.

Terkait keputusan tersebut, Rakitic pun memberi komentar lebih lanjut soal langkah untuk pensiun dari Timnas Kroasia. Ia mengaku pensiun dari Timnas Kroasia menjadi keputusan tersulit yang diambil dalam kariernya sebagai pesepakbola.

Sebab, selama ini, gelandang yang baru meninggalkan Barcelona itu sangat menikmati waktu-waktu bermainnya bersama Timnas Kroasia. Beragam pencapaian manis pun dapat diraihnya bersama Timnas Kroasia, salah satunya menembus final Piala Dunia 2018.

Sayangnya, gelar juara kala itu tak bisa diraih karena Kroasia kalah dari Prancis di partai final. Laga yang berlangsung di Moskow, Rusia, itu berakhir dengan skor 2-4. Meski begitu, Rakitic mengatakan bahwa momen tersebut menjadi kenangan paling favorit dalam kariernya bersama Timnas Kroasia.

"Mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional adalah keputusan tersulit dalam karier saya, tetapi saya merasa itu adalah momen ketika saya harus menerobos dan membuat keputusan itu," ujar Rakitic, sebagaimana dikutip dari Goal, Selasa (22/9/2020).

Ivan Rakitic

“Saya menikmati setiap pertandingan yang saya mainkan dengan negara saya dan momen tak terlupakan di Piala Dunia akan tetap menjadi kenangan favorit dalam hidup saya,” lanjutnya.

Rakitic sendiri mengakhiri karier internasionalnya dengan total 106 penampilan. Dalam 106 penampilannya, ia dapat membukukan 15 gol untuk Timnas Senior Kroasia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini