Share

Matang dengan Pola 3-4-1-2 di Laga Juventus vs Sampdoria, Pirlo Ubah Strategi saat Dzeko Tiba?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 21 September 2020 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 47 2281062 matang-dengan-pola-3-4-1-2-di-laga-juventus-vs-sampdoria-pirlo-ubah-strategi-saat-dzeko-tiba-D3LegMDt1D.jpg Juventus menang 3-0 atas Sampdoria. (Foto: @Cristiano)

TURIN โ€“ Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, sukses di percobaan pertamanya sebagai juru taktik Bianconeri โ€“julukan Juventus. Menghadapi Sampdoria di pekan perdana Liga Italia 2020-2021, Juventus menang 3-0.

Gol-gol Juventus dalam laga kontra Sampdoria dilesakkan Dejan Kulusevki pada menit 13, Leonardo Bonucci (78โ€™) dan Cristiano Ronaldo (88โ€™). Dalam kemenangan dini hari tadi, Pirlo menurunkan formasi awal 3-4-1-2.

Cristiano Ronaldo

Penjaga gawang ditempati Wojciech Szczensy, kemudian tiga bek sejajar diisi Danilo Luiz, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini. Kemudian, posisi wing back ditempati Juan Cuadrado (kanan) dan pemain muda Gianluca Frabotta (kiri).

Sementara itu, Adrien Rabiot dan Weston McKennie bertugas sebagai gelandang tengah, mendukung playmaker Aaron Ramsey. Ramsey yang mentas di posisi playmaker menyokong dua ujung tombak kembar yang ditempati Cristiano Ronaldo dan Dejan Kulusevski.

Namun, dalam praktiknya formasi 3-5-2 bisa berubah menjadi 5-4-1. Cuadrado dan Frabotta bisa mundur ketika Juventus mendapat serangan. Kemudian, Kulusevski membentuk empat gelandang sejajar bersama Ramsey, McKennie dan Rabiot.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Cetak Gol di Laga Juventus vs Sampdoria, Cocok dengan Strategi Pirlo?

Untuk posisi ujung tombak, tidak lain dan tidak bukan ditempati Cristiano Ronaldo. Pola ini membuat Juventus mendominasi pertandingan hingga 66 persen! Tercatat dari enam shot on target yang dibuat, tiga di antaranya masuk ke gawang Sampdoria kawalan Emil Audero.

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah formasi ini akan dipertahankan saat Juventus berhasil mendaratkan Edin Dzeko dari AS Roma? Sekadar informasi, Juventus selangkah lagi mendapatkan jasa Dzeko setelah ditebus seharga 15 juta euro.

Peluang Pirlo mempertahankan formasi ini sangat besar. Dzeko bisa ditugaskan sebagai ujung tombak. Kemudian, Cristiano Ronaldo dapat berperan sebagai winger kiri, area yang dalam pola 5-4-1 ditempati McKennie.

Cristiano Ronaldo

Akan tetapi, jika pola ini yang diandalkan, ada sejumlah pemain utama Juventus yang mesti duduk di bangku cadangan. Ambil contoh jika Paulo Dybala pulih dari cedera.

Tidak mungkin jika Dybala dan Ramsey bermain bersamaan, mengingat keduanya beroperasi di posisi yang sama. Karena itu, Pirlo mesti putar otak untuk mencari formasi yang pas bagi skuadnya.

Satu hal yang pasti, pola 3-4-1-2 atau 5-4-1 bukan formasi baku. Berhubung Pirlo masih baru di Juventus, masih ada beragam formasi yang bisa digunakan, entah itu 4-3-3, 4-2-3-1 maupun 4-3-3.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini