Kepa dan Christensen Bikin Blunder di Laga Kontra Liverpool, Tanda Chelsea Butuh Perbaikan

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 21 September 2020 07:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 45 2280985 kepa-dan-christensen-bikin-blunder-di-laga-kontra-liverpool-tanda-chelsea-butuh-perbaikan-UXqpWLJRUt.jpg Christensen saat menjatuhkan Mane. (Foto: PremierLeague)

LONDON – Pertahanan menjadi titik lemah Chelsea di musim 2019-2020. Terbukti dari 38 pertandingan di Liga Inggris 2019-2020, gawang Chelsea kemasukan 54 kali! Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak ketimbang penghuni 10 besar klasemen akhir Liga Inggris 2019-2020.

Pelatih Chelsea, Frank Lampard, paham timnya membutuhkan perbaikan di lini belakang demi bersaing di jalur juara Liga Inggris 2020-2021. Karena itu, pada bursa transfer musim panas 2020 Lampard memboyong tiga pemain belakang sekaligus, yakni Thiago Silva (bek tengah, Paris Saint-Germain), Ben Chilwell (fullback kiri, Leicester City) dan Malang Sarr (bek tengah, OGC Nice).

Sadio Mane

(Sadio Mane momok bagi pertahanan Chelsea)

Sayangnya, Thiago Silva dan Ben Chilwell yang diplot sebagai pemain utama, belum pulih dari cedera. Alhasil, Lampard terpaksa masih memainkan pemain belakang yang ia andalkan musim lalu.

Di percobaan pertama, pertahanan Chelsea lulus ujian setelah Reece James dan kawan-kawan menang 3-1 atas Brighton & Hove Albion. Namun, di laga kedua saat menghadapi Liverpool semalam, pertahanan Chelsea menjadi bulan-bulanan Sadio Mane dan kawan-kawan.

Dalam laga semalam, Lampard memainkan formasi 4-3-3. Posisi empat bek sejajar dipercayakan kepada Reece James, Andres Christensen, Kurt Zouma dan Marcos Alonso.

BACA JUGA: Hasil Liga Inggris Semalam, Tottenham dan Liverpool Gemilang

Kuartet ini gagal tampil solid karena mendapat gempuran demi gempuran dari pemain Liverpool. Awal mula bobroknya pertahanan Chelsea terlihat di masa injury time babak pertama. Lewat skema serangan balik, winger Liverpool, Sadio Mane, berhasil lolos dari jebakan offside.

Christensen yang berada paling dekat dengan Mane langsung memeluk dan menjatuhkan winger berpaspor Senegal tersebut. Wasit Paul Tierney yang memimpin pertandingan awalnya hanya memberikan Christensen kartu kuning. Namun, setelah melihat Video Assistant Referee (VAR), wasit memberi Christensen kartu merah.

Keluarnya Christensen menjadi awal petaka yang dialami Chelsea. Di menit 50, Liverpool membuka keunggulan lewat sundulan Sadio Mane, setelah menerima umpan dari Roberto Firmino.

Liverpool

Selang empat menit, Mane mencetak gol kedua Liverpool. Gol tercipta setelah kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga gagal melepaskan bola secara sempurna. Alhasil, bola mengenai Mane dan tanpa kesulitan, eks pemain Southampton itu membobol gawang kiper termahal di dunia tersebut. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Liverpool dan bertahan hingga akhir.

Melihat fakta di atas, pertahanan masih menjadi masalah yang mesti dibenahi Lampard. Kabarnya, dalam waktu dekat Chelsea akan mengamankan penjaga gawang Rennes, Edouard Mendy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini